TIPS FOTOGRAFI UNTUK PEMULA AGAR TERLIHAT SEPERTI PROFESSIONAL

Posted on

FOTOGRAFI UNTUK PEMULA – Di era digital seperti sekarang ini pasti semua orang ingin memiliki skill fotografi yang baik, karena seperti yang kita ketahui bahwa saat ini hampir seluruh orang selalu mengupdate sesuatu dalam bentuk foto,

Seperti mengabadikan momen sedang apa, sedang dimana, untuk diupload di semua akun media sosial yang mereka miliki.

Namun, sebelum kamu mempelajari teori-teori yang ada dalam dunia fotografi,

ada baiknya kamu membaca dan mencoba beberapa tips fotografi untuk pemula dibawah ini, agar hasil jepretan mu tak kalah apik dengan hasil jepretan fotografer yang sudah pro.

Mencoba Pengambilan dengan Beberapa Jarak dan Angle yang Berbeda

Seringkali saat mengambil gambar, kita menggunakan jarak dan angle yang itu itu saja. Padahal, umumnya 1 objek benda bisa kita jepret dengan banyak sisi yang berbeda dan jarak yang bervariasi.


Coba deh, lain kali eksperimen ambil gambar dari atas, bawah, sisi kanan, kiri. Bandingkan juga pengambilan gambar dalam keadaan zoom in dan zoom out untuk menemukan hasil terbaik.


Mulai sekarang jangan males untuk ngambil banyak gambar demi dapetin hasil terbaik ya!

Perhatikan Pencahayaan

Sebelum melakukan pengambilan gambar, pastikan kamu memanfaatkan cahaya dari matahari atau lampu agar hasil gambar menjadi lebih jelas dan warnanya lebih nyata.

Perhatikan darimana arah cahaya datang, jangan melawan arah cahaya agar hasil foto tidak menjadi gelap.

Gunakan Flash di Siang Hari

Mungkin selama ini kita jarang menggunakan flash di siang hari karena objek foto sudah terlihat jelas tanpa bantuan flash dan hanya memanfaatkan flash saat kondisi ruangan sedang gelap.


Namun, sebenarnya menggunakan flash di siang hari bisa membantu memberikan cahaya tambahan dan menghilangkan bayangan objek yang biasa sering muncul di siang hari.

Rajin Bereksperimen dengan Settingan Kamera

Seringkali para pemula yang baru menggunakan kamera menggunakan settingan auto agar tidak perlu pusing memikirkan settingan ISO dan sebagainya.

Padahal, jika kita diawal penggunaan kamera sudah membiasakan diri melakukan setting manual, maka dalam beberapa bulan hal tersebut akan sangat mudah dan tidak memusingkan lagi.


Jadi, jangan malas untuk mencoba settingan manual agar bisa menghasilkan foto sesuai yang di inginkan ya!

Nah, itulah beberapa tips penting fotografi yang harus kamu coba praktekkan agar hasil jepretanmu terlihat seperti hasil gambar professional. Semoga membantu!

Baca Juga : 7 Plugin Photoshop Yang Sering Digunakan Fotografer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *