Rekomendasi Lensa yang Sering Digunakan oleh Fotografer

Posted on

Lensa merupakan alat terpenting kedua bagi para fotografer setelah kamera, karena dua benda ini saling membutuhkan satu sama lain untuk bekerja secara maksimal.

Namun, kita pasti bingung saat ingin membeli lensa tambahan, karena banyak sekali jenis dan pilihan lensa yang tersedia di pasaran.


Oleh sebab itu, jika kamu ada rencana untuk membeli lensa tambahan untuk kamera yang kamu miliki, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis lensa yang sering digunakan oleh fotografer lalu belilah sesuai dengan kebutuhan dan tipe fotografi yang kamu tekuni.


Oke, langsung saja kita bahas. Inilah beberapa lensa yang sering digunakan oleh fotografer:

Lensa Tele / Telephoto Lens

Kita pasti sudah nggak asing lagi sama lensa yang bentuknya seperti teropong ini. Dia sangat mudah dibedakan dengan lensa lain karena memiliki bentuk khas dan ukuran yang cukup panjang.


Lensa ini sering digunakan fotografer karena bisa memungkinkan kita dalam memotret dari jarak jauh.

Misalnya saat memotret konser, pertandingan olahraga atau event tertentu yang jaraknya jauh, maka lensa tele ini akan sangat dibutuhkan.

Lensa Macro

Seperti yang sudah dibahas di artikel jenis-jenis fotografi, bahwasan nya ada jenis fotografi macro yang dimana objek pemotretan nya adalah benda-benda atau segala sesuatu yang berukuran kecil.

Nah, lensa macro inilah yang digunakan untuk yang meminati fotografi macro. Lensa ini akan membantumu memotret bunga, semut, tetesan embun dengan sangat detail.

Lensa Fixed

Lensa fixed ini tidak memiliki kemampuan untuk melakukan zoom in dan zoom out.

Jadi jika objek terlalu dekat, sang fotograferlah yang harus berjalan mundur. Terlihat aneh dan ribet ya? Namun jangan salah, saat terbiasa menggunakan lensa ini, maka pikiran kita tanpa sadar akan terlatih untuk bisa membayangkan bagaimana foto yang akan dihasilkan hanya dengan melihat set lokasi dan suasana.


Lensa ini memiliki bukaan diafragma yang besar sehingga menonjolkan objek yang difokuskan dan membuat background terlihat blur. Lensa ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai portrait photograpy.

Lensa Wide

Lensa yang dikenal dengan sebutan Wide-Angel ini banyak disukai oleh fotografer karena mampu menangkap sudut pandang yang lebih luas. Sehingga kita bisa menangkap lebih banyak objek ke dalam satu frame dalam scene yang sama.


Efek yang ditimbulkan dari wide ini adalah objek yang difoto akan terlihat lebih luas. Umumnya lensa wide digunakan untuk memotret pemandangan dan ruangan.

Nah, jadi itulah beberapa jenis lensa yang sering digunakan oleh fotografer. Jika kamu berniat membeli lensa, jangan lupa menyesuaikan dengan jenis fotografi yang kamu gemari agar hasilnya maksimal. Sekian, semoga bermanfaat!

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *