Jenis-jenis Fotografi Yang Perlu Anda Ketahui

Posted on

Untuk yang baru saja berkecimpung di dunia pemotretan dan baru saja tertarik dengan dunia fotografi, ada baiknya kita mengetahui jenis-jenis fotografi agar kita mengetahui jenis ketertarikan kita dalam memotret.


Karena biasanya setiap fotografer memiliki ketertarikan yang berbeda-beda.

Ada yang lebih senang memotret makanan, ada yang lebih senang memotret pemandangan, ada yang lebih tertarik memotret orang/model, dan masih banyak lagi.


Nah, oleh sebab itu kita harus mengetahui jenis-jenis fotografi ini agar kita bisa mengidentifikasi diri kita sendiri termasuk golongan yang mana.

Portrait Photograpy


Portrait photography ini biasanya menampilkan foto close-up wajah seseorang.

Namun jangan salah, karena jenis fotografi ini memiliki makna dibalik fotonya.

Biasanya sang fotografer melibatkan ekspresi wajah, mimik wajah, suasana hati maupun kepribadian si model agar foto tersebut memiliki makna dan emosional saat dilihat.

Landscape Photography


Nah, kalau landscape photography ini biasanya selalu menampilkan pemandangan-pemandangan yang indah nan eye-catching.

Biasanya para fotografer yang hobi traveller atau berpetualang menjelajah wisata alam akan sangat tertarik dengan jenis fotografi satu ini.

Selain termasuk salah satu cara mengabadikan momen, foto landscape ini juga sangat banyak digemari karena hasil fotonya bisa dijadikan wallpaper perangkat siapa saja.

Stage Photograpy

Jika kamu menyukai musik dan fotografi serta selalu merasa sukacita untuk datang ke konser musik, maka kamu bisa coba terjun mencoba stage photograpy.

Mungkin bisa dimulai dengan memotret konser idola mu, atau event musik yang menarik di kotamu.

Banyak yang bermula dari hobi stage photography lalu menjadi fotografer pribadi penyanyi/grup musik tertentu lho.. Asik tuh, jadi hobi yang dibayar! Hehehe

Wildlife Photograpy


Kalau jenis fotografi yang satu ini cukup memacu adrenalin nih! Karena yang akan dijadikan objek foto adalah binatang-binatang yang hidup di alam liar habitatnya.

Tentunya setiap memotret akan menjadi pengalaman menarik karena kamu bisa memotret berbagai macam binatang di alam liar, apalagi jika kamu memang pecinta binatang.

  1. Macro Photograpy
    Untuk yang suka memperhatikan hal-hal detail, cocok nih untuk nyoba macro photograpy. Biasanya objek yang dijadikan bahan pemotretan macro photograpy ini adalah objek berukuran kecil atau sesuatu yang memiliki struktur yang hanya bisa terlihat dari jarak dekat atau bahkan yang tak bisa dilihat dengan mata kosong tanpa bantuan alat. Contohnya seperti lebah, bunga, belalang, kupu-kupu, percikan air di daun, dan lain sebagainya.
  2. Fashion Photograpy
    Jika kamu tertarik dengan dunia fashion dan fotografi, kamu bisa mencoba latihan pemotretan di acara fashion show untuk melatih skill fashion photograpymu.

Memang sekilas fashion photograpy identik mirip seperti portrait photograpy, karena sama-sama memotret model. Namun bedanya, fashion photograpy lebih berfokus pada pakaian yang dikenakan si model agar terlihat menjadi menarik dan sesuai dengan karakter si pemakai. Sedangkan portrait photograpy lebih berfokus untuk menampilkan karakter dan suasana hati yang ingin ditonjolkan dari ekspresi wajah.

  1. Food Photograpy
    Sesuai dengan namanya, fotografi satu ini hanya memotret makanan dan minuman. Jika kamu fotografer di bidang makanan, biasanya pihak usaha kuliner akan membutuhkanmu untuk mengambil gambar terbaik agar bisa dicantumkan pada kertas menu, feed sosial media dan lain sebagainya sebagai sarana promosi.
  2. Human Interest Photograpy
    Fotografi satu ini juga mirip dengan portrait photograpy. Bedanya adalah, human intersest menonjolkan sisi kehidupan model dan interaksi model dengan lingkungan sekitar agar muncul rasa simpati maupun empati pada yang melihat foto tersebut. Sedangkan portrait hanya menonjolkan sisi suasana hati/ekspresi.
  3. Architectural Photograpy
    Fotografi satu ini berfokus untuk menonjolkan sisi keindahan suatu bangunan. Untuk architectural photograpy ini sang fotografer memang harus rajin memotret dari berbagai sudut agar mendapatkan hasil gambar terbaik.

Nah jadi itulah beberapa jenis-jenis fotografi yang mimin ketahui, mungkin diluar sana masih banyak jenis fotografi lain yang tidak tercantum disini. Kalian bisa mencari versi yang lebih lengkap di blog fotografi lainnya. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga : Rekomendasi Lensa yang Sering Digunakan oleh Fotografer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *