Hal Yang Harus Dikuasai Agar Menjadi Fotografer Handal

Posted on

Siapa disini yang ingin menjadi fotografer handal? Tentu semua orang yang tertarik dengan fotografi ingin menjadi fotografer yang professional atau menginginkan hasil foto yang terlihat seperti jepretan tangan fotografer handal.

Oleh sebab itu, disini saya akan memberikan beberapa hal yang harus dipelajari dan dikuasai, agar kamu bisa menjadi seorang fotografer handal.

Belajar Teknik Pencahayaan

Ini merupakan hal paling mendasar yang wajib kamu pelajari, karena bisa dikatakan ini hal terpenting untuk mendapatkan hasil foto yang bagus tanpa filter.


Seperti yang kita ketahui, sedikit saja kita mengubah posisi sudut pengambilan foto, maka akan sangat berbeda hasil pencahayaan yang didapatkan.

Nah, hasil gambar dengan pencahayaan yang tepat akan berperan besar dalam memberikan hasil yang lebih baik saat ditambahkan filter nantinya.

Belajar Mengatur Settingan Kamera

Yap, tentu saja seorang fotografer handal harus menguasai settingan yang terdapat dikamera.

Hal ini akan memudahkan kamu dalam pengambilan gambar dan menyesuaikan nya dengan hasil akhir yang ingin kamu dapatkan dari segi cahaya, warna, efek, dan lain sebagainya.

Karena jarang sekali seorang fotografer mengambil gambar dengan mode auto, umumnya mereka akan menyesuaikan settingan kamera dengan keadaan dan situasi saat pengambilan foto berlangsung.

Belajar Mengatur Komposisi

Kalian pasti pernah melihat perbandingan hasil jepretan gambar orang awam dan hasil jepretan fotografer dengan objek yang sama, meskipun objek yang dijepret sama, namun hasil setiap tangan orang pastinya berbeda.

Yap, hasil jepretan fotografer biasanya terlihat lebih berseni dan menarik perhatian, semua itu karena mereka memikirkan komposisi terlebih dahulu sebelum memotret, sedangkan orang awam umumnya tidak memperhatikan hal tersebut.

Belajar Tentang Warna

Mempelajari tentang warna juga penting, dalam mengambil gambar kamu harus tau elemen warna apa saja yang kamu butuhkan.

Hal ini akan sangat memudahkanmu saat kamu memberi filter yang senada nantinya.


Dan untuk kamu yang melakukan portrait photograpy, belajar tentang warna ini akan memudahkanmu dalam menonjolkan dan mengedit riasan pada wajah model.

Belajar Proses Pemeriksaan Pasca Pemotretan

Setelah melakukan pemotretan, tentu tugas seorang fotografer belum selesai sampai disitu saja, masih ada tahap pemeriksaan setelah pemotretan.

Hasil foto harus diperiksa kembali, apa yang harus diperbaiki, apa yang harus dihilangkan, dan apa saja yang harus dilakukan agar foto ini bisa menjadi lebih menarik perhatian setiap mata yang melihatnya nanti.

Nah, jadi itulah beberapa hal seputar fotografi yang harus kamu pelajari dan kuasai agar bisa menjadi fotografer handal.

Tentunya hal tersebut memerlukan waktu dan pengalaman, tidak bisa instan langsung kamu kuasai dalam hitungan hari.

Tapi jika kamu rajin melakukan nya setiap hari, bisa jadi dalam hitungan beberapa bulan kamu sudah bisa menguasainya.

Baca Juga :

Cara untuk Menghasilkan Uang sebagai Fotografer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *