Membuat Formulir Pendaftaran – Google Froms ialah salah satu platform online yang bisa kamu gunakan untuk membantu dalam mengambil data survei dan kuesinoer secara cepat dan tepat.


Di aplikasi google forms , para pengguna bisa menggunakannya seabagai alat untuk melakukan pendataan atau registrasi secara online ,, yang melibatkan orang banyak sebagai metode pendaftaran.


Nah dibawah ini adalah beberapa langkah untuk membuat formulir pendaftaran secara online yang menggunakan google forms :

1. Mengatur Format Dokumen

Kamu dapat mengatur format dokumen melalui gawai atau komputer dengan cara membuka peramban kemudian kunjungi fomrs.google.com , pada halaman ini format dari dokumen baru akan langsung terbuka otomatis.

2. Mengedit Format Dokumen Baru

Nah, pada saat kamu sudah selesai membuat format pendaftaran ,, selanjutnya silahkan isi dengan model pertanyaan , memberi keterangan gambar maupun video.


Mengatur format pendaftaran yang sesuai kebutuhan bisa dimaksimalkan hingga 75 sesi.

Selain membuat format dan memperbaiki isi pendaftaran , pengguna juga bisa membuat pertanyaan dan kunci jawaban dengan cara membuka google forms .


Caranya ialah , Klik + di bagian kanan atas , lalu klik pengaturan dan klik ” Quizzes” untuk membuat daftar pertanyaan yang diperlukan.


Nah , sementara itu untuk mengumpulkan alamat email bisa dengan memilih ” general” lalu “Collect email address ” lalu klik simpan .


Buat kunci jawaban sesuai dengan tipe pertanyaan , seperti isian singkat , pilihan ganda , mencentang dalam kontak , dropdown , kotak pilihan ganda dan lain sebagainya.


Kemudian ubah format formulir pendaftaran sesuai dengan kebutuhan mengumpulkan data , misalnya pada identitas diri seperti nama , email , alamat rumah , dan sebagainya memiliki format tersendiri untuk paragrag atau isian singkat.


Dan apabila terdapat file yang harus di unggah seperti foto ataupun dokumen , tentukan jenis dokumen yang boleh diunggah pada bagian file upload. #

3.Kirim URL Formulir Pendaftaran


Kamu dapat mengatur siapa saja yang dapat mengakses url tersebut , bisa jadi umum atau orang tertentu saja ini termasuk mengedit jawaban.

Jika sudah , maka kamu dapat menyebarkan tautan formulir pendaftaran tersebut melalui sosial media , email , dan aplikasi perpesanan.


Google Forms sangat bermanfaat bagi kalian yang sedang melakukan riset dan menggunakan kuesioner atau survei online sebagai salah satu metode pengumpulan data.


Misalnya saja , seorang anak smk yang sedang mengerjakan pkl atau mahasiswa yang ingin mengerjakan skripsi.

Nah itu tadi beberapa cara dalam membuat formulir pendaftaran online melalui google forms

Baca Juga : Cara Melihat Laporan Bos Online Semua Sekolah Di Indonesia 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here