7 Plugin Photoshop Yang Sering Digunakan Fotografer

Posted on

Sebelum saya menjelaskan apa-apa saja plugin yang sering digunakan oleh fotografer, alangkah baiknya saya menjelaskan terlebih dahulu apa itu plugin.


Plugin adalah software tambahan yang berfungsi untuk memberikan fitur tertentu, sehingga memberikan kegunaan lebih pada software induknya.

Karena biasanya jika mengandalkan software induk saja, fitur nya masih kurang lengkap untuk seseorang yang hobi fotografi.


Jadi inilah beberapa plugin di Photoshop yang sering digunakan oleh fotografer:

Backdrop Designer

Dari namanya, sudah bisa terlihat kalau plugin satu ini berfungsi untuk mengubah background foto.

Jadi kalian bisa melakukan foto bersama teman atau keluarga, lalu mengubah backgroundnya dan viola! Hasil foto nya pasti akan terlihat seperti foto studio.


Kalian juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengedit pas foto untuk keperluan berkas-berkas.

Portraiture

Ini salah satu plugin yang wajib banget dimiliki setiap pengguna Photoshop. Fitur yang bisa didapatkan dari plugin ini adalah

membersihkan noda-noda di wajah, menyamarkan kerutan dan menaikkan tone kulit. Plugin ini akan sangat berguna untuk yang hobi self-potret.

Bokeh

Pasti kita udah nggak asing dengan nama “bokeh”. Yap, fitur potret dengan memfokuskan ke satu objek dan mem-blur-kan background nya.


Seperti yang kita ketahui, tidak semua kamera sudah support fitur bokeh. Dan jika membeli lensa untuk mendapatkan fitur bokeh, harus merogoh kocek yang dalam.

Oleh sebab itu plugin satu ini akan sangat bermanfaat untuk kalian yang ingin mendapatkan fitur bokeh namun kamera tidak mensupport dan belum memiliki lensa.

Photomatix Pro

Plugin satu ini sangat cocok untuk yang suka dengan hasil foto HDR (High Dynamics Range).

Dimana hasil foto yang dihasilkan akan lebih menonjolkan struktur dan terlihat lebih tajam.

Plugin ini bisa dioperasikan di Photoshop maupun dijalankan sendiri tanpa menggunakan Photoshop.

Topaz Adjust

Topaz Adjust adalah plugin yang bisa membuat hasil foto terlihat menjadi lebih hidup dan eye-catching serta lebih berdimensi.

Plugin ini cocok untuk digunakan dalam mengedit foto pemandangan, bangunan ataupun momen-momen berharga.

Nah jadi itulah beberapa plugin photoshop yang sering digunakan fotografer. Kamu bisa menginstall beberapa plugin diatas sesuai kebutuhan mu. Sekian, semoga bermanfaat!

Baca Juga : Hal Yang Harus Dikuasai Agar Menjadi Fotografer Handal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *