Pengertian file EPS dan Cara Membuka file EPS di CorelDraw

Pengertian file EPS dan Cara Membuka file EPS di CorelDraw Di Photosop tidak bisa dibuka di Android menggunakan Corel

Pengertian file EPS dan Cara Membuka file EPS di CorelDraw – Nah bagi kalian yang masih baru terjun di dunia Desaign pasti belum pernah tau dengan apa itu File EPS. Tapi bagi yang sudah terbiasa dengan desaign pasti sudah tau pasti apa itu Folder EPS bila yang pro tidak tahu juga apa itu File EPS berarti kalian masih perlu ingatan tambahan.

Mungkin jika kalian sering bermain di dunia Desain Grafis tentunya sudah tidak asing lagi melihat file ESP tersebut. eps file adalah File yang digunakan ketika seseorang ingin mengsave gambar mereka dari Aplikasi Edit Foto seperti Photoshop, CoreIDraw, dan lain lainnya.

Misalnya kamu sedang mencari inspirasi dan ternyara menemukan web yang menyediakan gambar seperti FreePick disini saya biasanya mecari INspirasi dan file yang banyak dan gratis dan ShutterStock yang berbayar.

Pada saat kalian mengunduh file vector dari Freepick maka didalamnya akan terdapat file .jpg, .ai, .eps dan mungkin ada beberapa juga yang menyantunkan keterangan lisensi gratis dan Premium.

Hampir seluruh orang yang baru terjun di dunia Desain Grafis pasti banyak yang bertanya-tanya apa yang itu file .eps? EPS adalah singkatan dari Encapsulated PostScript Biasanya digunakan oleh aplikasi menggambar digital.

Tetapi pada dasarnya file tersebut adalah sebuah Format grafis untuk gambar vector yang biasa kalian buat menggunakan Adobe Illustrator, jika kita ambil contoh maka akan seperti File gambar yaitu JPG/JPEG.

Pasti banyak dari kalian yang seorang DESAINER tidak menggunakan Adobe Illustrator, namun kalian jangan Khawatir format file EPS masih kompatibel dengan banyaknya Program editing vector lainnya Misalnya CoreIDraw atau mungkin Photoshop.

Nah mungkin File EPS jika kalian buka dengan program berbasis vector seperti Adobe Illustrator maupun CoreIDraw dapat kalian ubah ukurannya tanpa kehilangan kualitas, tidak hanya ukuran tetapi juga bisa kalian edit dan manipulasi. Jika kalian membuka file EPS dengan Photoshop, file akan hancur atau mirip dengan file JPEG.

Hampir sebagian besar file eps adalah aplikasi yang biasa kalian pakai untuk Mendesaign pasti akan menghasilkan file EPS, dan salah satu manfaatnya yaitu dapat di edit karena file tersebut hanya awalnya diciptakannya gambar dengan format vector.

Namun kalian harus berhati hati nih guys jika file EPS kalian pakai di Photoshop, karena file EPS tidak akan pernah bisa di edit di Adobe Illustrator, karena pada dasarnya Photoshop khusus gambar Bitmap.

Begitu banyaknya Software desain lainnya yang gratisan seperti InkScape juga bisa kalian gunakan untuk bisa mengedit FILE ESP. Tapi kalian harus tau bukan software yang mudah kalian gunakan, maka saya menyarankan menggunakan EPS Viewer yang fungsinya dapat menampilkan file EPS.

Berikut ini contoh dari software EPS Viewer tersebut juga dapat meng-export file EPS ke bentuk JPG, PNG, BMP, TIFF, dan GIF
Lalu kenapa harus EPS? Nah ketika kalian mencari sebuah desain ilustrasi dan ingin mengubah warna dan mengedit sesuai apa yang kalian inginkan.

maka EPS adalah solusi yang terbaik. Kecuali kalau kalian memang tidak ingin mengubah apa-apa maka file gambar JPG adalah pilihan yang pas.

Bagaimana cara mengedit file EPS di CorelDraw?

Sebenarnya untuk mengedit file EPS di CorelDraw sangatlah mudah. Sepengalaman saya, tidak semua file EPS support di CorelDraw, tetapi tidak masalah. Saya ingin memberikan apa yang sudah pernah saya coba, siapa tahu bermanfaat. Untuk CorelDraw yang saya pakai adalah versi X7.

Nah bagi kalian yang ingin mengedit file EPS di CoreIDraw maka akan sangat bagus bila kalian lakukan, saya pernah mencoba file EPS tidak semuanya support ke CoreIDraw, tetapi tidak masalah. Karena saya akan memberikan apa yang sudah saya lakukan dan akan bermanfaat bagi kalian yang masih belum mengerti.

Berikut dibawah saya sudah mendownload file di situs Freepik, file tersebut berisi:

Dibawah ini merupakan file yang saya download dari situs Freepik, file tersebut antara lain berisikan:

• Fonts.txt = Berisi jenis font (serta author dan situs download) yang digunakan pada desain tersebut.

• License Premium.txt dan License Free.txt = Berisi apa-apa saja yang diperbolehkan dan yang dilarang seperti ketentuan tidak diperbolehkan dijual-belikan.

• File gambar dengan format .jpg

• File AI (.ai)

• File EPS (.eps)

Pengertian file EPS dan Cara Membuka file EPS di CorelDraw
Pengertian file EPS dan Cara Membuka file EPS di CorelDraw

Sebenarnya mungkin masih ada 2 cara lagi yaitu yang singkat dan yang lebih teknis ( Tentu ini akan memakan waktu yang cukup lama). Mari kita ikuti cara berikut ini.

Cara yang Lebih Teknis

#1. Pertama tama kalian harus Ekstrak file 64.eps ke lokasi yang anda inginkan.

#2. Lalu kalian tinggal membuka software CorelDrawnya, pilih menu File kemudian Import. Disitu kamu mencari file yang telah di ekstrak tadi.

#3. Setelah itu pasti akan ada muncul jendela seperti di bawah ini, lalu kalian tinggal pilih Curvers kemudian OK jadi sudah.

#4.Nanti akan muncul tampilan seperti gambar dibawah. Klik kiri saja untuk melanjutkan.

Pengertian file EPS dan Cara Membuka file EPS di CorelDraw
Pengertian file EPS dan Cara Membuka file EPS di CorelDraw

Import as editable yang artinya file yang tadi di import dapat di edit.

Curves yang artinya file yang tadi di import akan berbentuk kurva.

Keterangan:

– 64.eps = Nama file.

– W: 282,222 mm, H: 282,222 mm = Ukuran lebar dan tinggi.

– Click and drag to resize = Klik dan geser untuk mengubah ukuran.

– Press Enter to center on page = Tekan tombol Enter untuk menengahkan objek pada halaman.

– Press Spacebar to use original position = Tekan tombol Space untuk menggunakannya sesuai posisi asli.

#5.Selesai

Pengertian file EPS dan Cara Membuka file EPS di CorelDraw

Cara Cepat

#1.Kalian tinggal membuka file rar yang tadi sudah kalian download kemudian Drag and Drop file 64.eps ke lembar kerja CoreIDraw

.
#2.Nah pada saat cara 1 telah kalian lakukan maka nanti akan muncul tampilan seperti langkah ke 3 dan langsung file EPS tadi tampil di lembar kerja anda semuanya.

 

Nah sekian Artikel Dari saya semoga bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa tetap stay disini kalian akan menemukan artikel Menarik Lainnya. Sekian Dan Terimakasih.

 

Nah itu saja artikel cara buka file eps saya kali ini semoga bermanfaat bagi kita semu dan jangan lupa tetap Stay disini akan ada artikel lainnya yang bermanfaat bagi Kita semua Sekian Dan Terimakasih.

Baca Juga :

Cara Mudah Mengganti Background Pas Foto

 

Related Post to Pengertian file EPS dan Cara Membuka file EPS di CorelDraw

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *