Kumpulan Cara Mengedit File PDF

Kumpulan Cara Mengedit File PDF – Anda pasti pernah bertanya “Bagaimana sih cara mengedit file PDF?” pertanyaan yang seperti ini pernah di tanyakan oleh sahabat saya beberapa hari yang lalu yang sedang kebingungan ketika ingin mengubah beberapa data yang ada di dalam laporan dalam bentuk format PDF.

Kemudian saya menjawabnya ada cara gratis tetapi tidak cukup jika satu langkah karena kita harus convert ke MS word dahulu atau bisa juga menggunakan Software Adobe Acrobat Pro.

Nah karena pada waktu itu di laptop sahabat saya ada Software Adobe Acrobat Pro, saya menyuruhnya untuk menggunakan itu karena caranya yang terbilang cukup mudah dan simple.

 

Nah bagi kalian yang tidak memiliki aplikasi PDF editor berbayar maka bisa memilih alternative lain yaitu dengan mengubah PDF ke Microsoft word lalu edit dan simpan kembali dengan format sebagai PDF.

Sedangkan bagi kalian yang sudah memiliki Microsoft Office 2013 ke atas maka kalian juga bisa langsung membuka file format PDF di word 2013 kalian .

 

Kumpulan Cara Mengedit File PDF

Jika kalian masih bingun dengan cara edit tulisan di pdf  mari lanjutkan membaca artikel ini karena saya akan menjelaskan langkah-langkahnya yang mudah dipahami.

Kumpulan Cara Mengedit File PDF
Kumpulan Cara Mengedit File PDF

#1. Edit PDF dengan Adobe Acrobat PRO

– Kalian harus ingat nih Aplikasi yang ingin kita buka adalah Adobe Acrobat bukan adobe Reader karena dua aplikasi ini berbeda, pertama-tama kalian harus jalankan adobe Acrobat pro kemudian carilah file yang ingin kalian edit.

– Nah pada saat terbuka, pilihlan menu Edit lalu Edit Text & Images selanjutnya kalian akan melihat sebuah kotak biru yang akan memisahkan teks ataupun gambar.

Kumpulan Cara Mengedit File PDF
Kumpulan Cara Mengedit File PDF

– untuk bisa melakukan pengeditan dokumen yang sudah kalian buka sebelumnya caranya tinggal klik pada kotak pembatas warna biru tersebut.
-Jika kalian sudah selesai mengeditnya, kalian tinggal menyimpan perubahan silahkan pilih Menu File lalu Save.

 

#2. Convert Terlebih Dahulu Ke MS Word

Cara berikut ini adalah cara edit file pdf  bagi kalian yang tidak memiliki software PDF editor berbayar, maka kalian bisa memilih cara yang satu ini yaitu dengan mengubah terlebih dahulu File PDF ke Mc Word lalu kalian tinggal edit di Office maupun LibreOffice kemudian simpan lagi sebagai File PDF.

Jika kalian ingin mengubah PDF ke word bisa dilakukan secara online ataupun offline dan kali ini saya akan mencontohkan dengan cara online yaitu dengan menggunakan Smallpdf. Com

Kumpulan Cara Mengedit File PDF
Kumpulan Cara Mengedit File PDF

Nah pada langkah yang pertama kalian bukalah link yang tadi sudah saya berikan, kemudian uploas file yang ingin kalian edit, setelah proses Upload dan convert silahkan download File word yang akan dihasilkan tersebut ke computer. Jika merasakan kurang jelas silahkan baca panduan lengkapnya DISINI.

Kalau kalian sudah selesai mendownlaod file Word tersebut dengan aplikasi MS Office 2010 maupun LibreOffice lalu edit dan simpan lah kembali sebagai PDF.

#3.Edit PDF Dengan MS Office 2013

Nah bagi kalian yang telah mempunyai Aplikasi Microsoft Office 2013 atau 2016 maka kalian langsung bisa membuka file PDF di Ms Word dengan langkah-langkah berikut ini :

1.Pertama –tama jalankah lah Microsoft Word 2013 kalian lalu pilif File – Open dan cari File yang ingin kalian edit.
2. Setelah terbuka maka Word otomatis akan melakukan Konversi dari PDF ke word.
3. Setelah Proses Conver telah selesai kalian lakukan, silahkan lakukan lah pengeditan dan simpan kembali ke dokumen tersebut ke dalam bentuk format PDF.

Nah dari ketiga cara yang diatas itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masingnya diantara lain : Jika menggunakan Adobe Acrobat tentu kalian harus menginstal dan memiliki License Key karena Software ini perlu bayaran dan sangat tidak murah.

Sedangkan jika kalian ingin convert terlebih dahulu ke MS Word biasanya tampilannya sedikit berbeda dengan file yang aslinya terutama jika ada banyaknya gambar atau jika pada dokumen PDF tersebut dapat footer maupun Header biasanya akan ada perbedaan warna saat kita ubah ke MS word

 

Nah itu saja artikel cara mengedit file pdf  saya kali ini semoga bermanfaat bagi kita semu dan jangan lupa tetap Stay disini akan ada artikel lainnya yang bermanfaat bagi Kita semua Sekian Dan Terimakasih.

 

Baca Juga :

Cara Menyimpan Atau Convert Word Ke PDF Pada Office 2007

Cara Mudah Translate File Pdf Bahasa Inggris Ke Bahasa Indonesia

Related Post to Kumpulan Cara Mengedit File PDF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *