Cara Pengajuan NUPTK , Mencetak NUPTK , Memeriksa Ke Aktifan NUPTK Dengan Mudah

Halo Teman – teman Barutahukan , pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah artikel yang bermanfaat tentang bagaimana Cara Pengajuan Nuptk.

Tahukah kamu apa itu NUPTK ? NUPTK ialah sebuah singkatan yang berupa Nomor Unik Pendidik & Tenaga Kependidikan .
Agar lebih mengerti NUPTK adalah nomor induk bagi seorang Guru ( Pendidik ) Atau Tenaga Kependidikan.

Semua Pendidik akan diberikan NUPTK baik seorang Pns atau pun Non-Pns , NUPTK diberikan sebagai nomor identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan denga pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidik & ketenaga kerjaan.

Nomor NUPTK terdiri dari 16 angka , dan jika si pemilik NUPTK pindah tempat mengajar maka nomor tersebut tetap dapat digunakan dimanapun dia mengajar.

Selain pindah mengajar , nomor tersebut masih bisa digunakan jika terjadi perubahan riwayat , status kepegawaian , atau terjadi perubahan lainnya.

NUPTK ialah syarat penting bagi seorang pengajar untuk bisa mengikuti berbagai program kementerian pendidikan dan kebudayaan.
Terutama terkait pada pemberian tunjangan profesi guru , maka dari itu baik guru honorer dan Pns harus mengetahui syarat bagaimana cara pengajuan NUPTK 2019.

Manfaat NUPTK Bagi Pns & Non-Pns

Manfaat Bagi PNS

• Bisa Mengikuti UKG ( Uji Kompetensi Guru )
• Bisa Mengikuti Program Sertifikasi
• Mendapatkan Sebuah Tunjangan

 

Manfaat Bagi Non-PNS

• Bisa Mengikuti UKG ( Uji Kompetensi Guru)
• Mendapatkan sebuah tunjangan
• Memperoleh Beasiswa Pendidikan
• Mengikuti UKG

Fungsi NUPTK

1. Kamu akan mendapatkan sebuah nomor identifikasi resmi dan bersifat nasional dan bersifat resmi dalam mengikuti berbagai program/kegiatan yang akan diselenggarakan oleh pemerintah daerah & pusat.

2. Kamu akan berpatisipasi dalam sebuah proses/mekanisme pendataan secara nasional sehingga dapat membantu pemerintah dalam merencanakan berbagai program peningkatan kesejahteraan bagi tenaga pendidik.

 

Syarat Pengajuan NUPTK Terbaru 2019

Syarat pengajuan NUPTK bagi guru bukan PNS, TK/PAUD, SD, SMP dan SMA/SMK

• Berkas Surat Tugas Kepala Sekolah atau SK penempatan
• Berkas Ijazah Sd , Smp , Sma/Smk dan S1/D4
• Berkas KTP
• Berkas SK kepala daerah ( Bupati/walikota/gubernur ) SK kepala dinas untuk guru sekolah negeri dan SK GTY untuk guru sekolah swasta

Syarat Pengajaun NUPTK bagi Guru Berstatus PNS/ CPNS:

• Berkas SK Penugasan
• Berkas SK Pengangkatan PNS/CPNS asli
• Berkas KTP
• Berkas Ijazah Sd , smp , sma.smk dan S1/d4

 

Syarat umum pengajuan NUPTK Baru:

• Seorang Guru , TK , SD , SMP , SMA , SMK PBT.PTK , KS pada satuan pendidikan non formal seperti KB ,TPA , SPS , PKBM , TBM , Kursus UPT.

• Seorang Guru CPNS / PNS , PS PNS , Guru NON PNS S1/DIV dari PTN yang mempunyai prodi terakreditasi atau PTS yang terakreditasi kopertis bagi PTK yang diangkat sesudah Januari 2006.

• PTK aktif dalam aplikasi Dapodikdasmen dan dapodik paud-dikmas.

CARA PENGAJUAN NUPTK TERBARU SECARA ONLINE 2019

pengajuan nuptk

#1. Pertama , silahkan kunjungi website http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id

#2. Login lah ke website tersebut dengan memasukkan username dan password yang kamu gunakan pada saat mendaftar akun SDM.

#3. Setelah sukses login , klik menu NUPTK > Calon penerima NUTPK , lalu pilih nama guru dan kemudian upload unggah berkas.

Note : Berkas yang harus di unggah ialah  , Scan KTP > Scan Ijazah Sd , Smp , Sma/Smk , S1 D4 > Scan SK GTT sekolah Negeri.

Setelah semua syarat sudah kamu penuhi , maka sekarang kamu tinggal mengajikan NUPTK dengan menekan tombol Unggah berkas ( Upload ) .

Setelah selesai klik OK , dan tunggu proses sampai selesai. Selanjutnya guru ataupun operator sekolah tinggal memantau program pengajuan NUPTK pada layanan Verval PTK.

 

Bagaimana cara memantau Pengajaun NUPTK?

Caranya sangat lah mudah yaitu kamu hanya perlu mengecek di menu status penerimaan NUPTK , pengajuan nuptk bisa saja ditolak karena satu hal dan lain halnya.

Contoh nuptk ditolak ialah , dokumen yang tidak valid , berkas yang tidak unggah , dan lainnya . Maka dari itu , diharapkan kepada seluruh guru dan operator sekolah untuk selalu memantau perkembangan pengajuan NUPTK masing- masing.

Perlu kamu ketahui , jika setelah usulan dikirim maka proses persetujuan atau approve ada di admin dinas setempat.

Kalau dinyatakan sudah lulus verifikasi data akan menuju pusat , dan dipusat itulah akan dihitung rasio kebutuhan guru daerah setempat.

Apabila dihasilnya dibutuhkan penerbitan NUPTK baru maka akan diberikan NUPTK. Semoga guru-ruru sekalian segera terbit NUPTK nya. Semoga bermanfaat.

Jika GTK sudah berhasil terbit di NUPTK nya , maka jangan lupa untuk melakukan Cetak kartu NUPTK.

 

CARA MEMERIKSA KEAKTIFAN NUPTK TERBARU

#1. Siapkan terlebih dahulu NUPTK yang telah diterbitkan.

#2. Akses website http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id. , lalu login dengan username dan password kita.

#3. Setelah berhasil login , maka NUPTK kita sudah dapat terlihat disini.

#4. Lalu , jika ingin melihat apakah NUPTK GTK kita aktif atau tidak silahkan kunjungi link berikut ini http://gtk.data.kemdikbud.go.id/

#5. Pilih menu “ Status NUPTK “ , di halaman tersebut terdapat kolom kosong untuk kita isikan NUPTK. Silahkan isikan NUPTK kamu , lalu klik enter.

#6. Setelah kamu tekan tadi , maka hasilnya akan seperti dibawah ini , jika tampilannya seperti gambar dibawah ini maka NUPTK kamu sudah aktif . , tetapi jika NUPTK kamu belom aktif maka kolom tadi , data akan kosong.

 

 

CARA MENCETAK NUPTK YANG SUDAH TERBIT TERBARU

Mencetak NUPTK sama seperti saat kita mencetak halaman info gtk , caranya kita tinggal klik di halaman NUPTK yang sudah aktif , lalu tekan CTRL+P di keyboard kamu. Selengkapnya silahkan ikuti cara dibawah ini.

#1. Di halaman NUPTK yang sudah aktif tadi , tekanlah CTRL+P di keyboard

#2. Maka tampilannya akan berubah seperti dibawah ini.

#3. Setelah itu kamu bisa memilih atau mengklik tombol change untuk memilih file tersebut di cetak atau dibuat dalam bentuk PDF .

#4. Silahkan gunakan printer untuk mencetaknya .

 

STATUS PEMBATALAN DAN PENGAJUAN KEMBALI NUPTK

NUPTK bisa dibatalkan dan ditunda apabila nomor penerbitan unik PTK nya memenuhi kondisi sebagai berikut ini.

• PTK yang bersangkutan sudah tidak aktif sebagai PTK
• PTK yang bersangkutan memiliki lebih dari satu NUPTK
• PTK tidak mencantumkan data dengan benar

Nah itu saja artikel pengajuan nuptk 2019 Dengan Mudah saya kali ini semoga bermanfaat bagi kita semu dan jangan lupa tetap Stay disini akan ada artikel lainnya yang bermanfaat bagi Kita semua Sekian Dan Terimakasih.

Baca Juga :

Ingin Followers Instagram Bertambah Banyak ?? Gunakan Cara Ini

Cara Mengatasi Error Dapodik Dengan Mudah Dan Cepat

Cara Cek Tagihan, Pembayaran dan Limit Kartu Kredit Bank Mega

Related Post to Cara Pengajuan NUPTK , Mencetak NUPTK , Memeriksa Ke Aktifan NUPTK Dengan Mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *