Cara Merubah IP Address Jaringan Komputer

Cara Merubah IP Address – Bagi kalian yang ingin merubah Ip Address di laptop maupun di komputer di artikel ini mungkin kalian akan menemukan petunjuknya.

Eittss tapi sebelum masuk ke Artikel  cara mengganti ip address nya apa kah kalian mengetahui Bahwa Ip Addres adalah Deretan dari Angka Biner yang cukup unik bila digunakan.Hanya untuk Mengindetifikasi Komputer atau laptop host dalam jaringan di Komputer atau laptop anda.

Nah saya akan menjelaskan cara ganti ip address komputer dengan cara yang mudah dimengerti.

Conflict Ip di Ip address itu sangat penting pada jaringan yang akan kita gunakan, ternyata hal yang satu ini akan terjadi apabila dalam satu Ip Adress ada dua komputer atau laptop yang menggunakannya.

Komputer kamu tidak mampu melakukan Komunikasi di dalam jaringan dengan normal, itu disebabkan oleh Conflict Ip yang sedang terjadi di dalam jaringan. Jika hal tersebut terjadi maka Otomatis Sistem Windows kita akan memberitahukan bahwa Ip address yang anda miliki sedang mengalami Conflict.

Cara Merubah IP Address

Nah tanpa basa-basi kita langsung saja ke Cara merubah Ip Address di computer ataupun di Laptop, cara untuk melihat Ip address kita ialah dengan menggunakan Command Prompt dengan cara yang mudah yaitu dengan menekan tombol Windows + R di keyboard kamu,lalu ketikkan Cmd langsung tekan enter.

Atau kalian bisa juga dengan menggunakan cara yang lainnya yaitu Start –> All Programs –> Accessories –> dan buka Command Prompt.Pada saat setelah Command Prompt (CMD) sudah dibuka langsung saja kamu ketikkan Perintah “ipconfig” dan tekan enter. Untuk lebih jelasnya lihat lah gambar di bawah ini.

Cara Merubah IP Address
Cara Merubah IP Address

Pada gambar di atas ditunjukkan Bahwa Ip Addres yang saya punya ialah 192.168.1. Nah Ip inilah yang akan saya rubah, Untuk mengubah Ip address tersebut caranya mudah dan cepat yaitu :

Open Network and Sharing Center dan klik Internet Connection Lalu klik Properties Setelah itu double klik Inernet Protocol Versions 4 (TCP/IPv4) dan kemudian pilih Use the following IP Address.

Cara Merubah IP Address
Cara Merubah IP Address

Nah setelah kotak Ip address sudah dibuka maka kamu tinggal memasukkan Ip baru yang di inginkan seperti gambar saya tadi untuk mengubah Ip Address menjadi 192.168.10.150 dan kalian harus ingat aturan dari pengisian Ip address harus sesuai dengan settingan jaringan yang ada pada Router kamu.

Cara Merubah IP Address
Cara Merubah IP Address

Lalu masukkan juga Kotak yang bernama Subnet Mask dan isikan dengan Ip 255.255.255.0 dan pada Default GateAway isikan dengan alamat Default pada Router kamu. Dan DNS yaitu Preferred DNS Server dan Alternate DNS server isikan dengan DNS server ISP kamu dan bisa juga dengan DNS server yang lain yang kamu miliki dan yang kamu anggap paling bagus.

Saat pengisian telah selesai dilakukan maka Save dan konfigurasi lah yang terbaru dengan klik OK, jika berhasil maka Ip address kalian mungkin sudah berhasil berubah dengan pengaturan baru yang anda buat tadi.

Cara Merubah IP Address
Cara Merubah IP Address

Pada gambar diatas ini IP address yang saya miliki sudah berubah sepenuhnya dengan Ip Address yang baru.

Nah itu saja artikel cara merubah ip address saya kali ini semoga bermanfaat bagi kita semu dan jangan lupa tetap Stay disini akan ada artikel lainnya yang bermanfaat bagi Kita semua Sekian Dan Terimakasih.

 

Baca juga :

Cara Mengetahui IP Laptop/Komputer Lain Menggunakan CMD

Cara Mengetahui dan Melihat MAC Address Komputer dengan Mudah

Related Post to Cara Merubah IP Address Jaringan Komputer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *