Cara Merubah Gpt ke Mbr Atau Sebaliknya Dengan Mudah

Cara Merubah Gpt ke Mbr – Bagi kamu para pengguna windows 8 yang pernah mengalami masalah di partisi hardisk error pada saat kamu pertama kali menginstall windows 8 atau windows 10 .

Ini terjadi karena kamu harus mengganti partis hardisk kamu menjadi GPT , karena system windows 8 dan 10 membutuhkan hardisk bertype format GPT .

Maka kamu harus mengubah partisi hardisk tersebut dari MBR ke GPT. Untuk pesan yang error akan bertuliskan seperti gambar dibawah ini .

Windows cannot be installed to the disk. The selected disk has an MBR partition table. On EFI system, Windows can only be installed to GPT disk ” .

Bagi kamu yang menggunakan windows 7 pasti akan pernah mengalami masalah pada saat menginstal windows 7 tersebut . Untuk masalahnya ialah type hardisk adalah GPT , maka kita akan disuruh merubah format hardisk yang bertype GPT menjadi MBR . Pesan yang muncul adalah sebagai berikut ini.

Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style “ .

Itu tadi adalah masalah convert gpt to mbr yang ada di beberapa windows seperti Windows 7 , 8 dan windows 10 . Sebenarnya masalah ini terjadi hanya karena hardisk kita memiliki format MBR atau GPT .

Ternyata MBR dan GPT ada mempunyai sebuah kelebihan dan kelemahan , namun saya tidak akan membahas masalah itu , kamu dapat mencari artikel mengenai perbedaan dan persamaan GPT dan MBR. Disini saya hanya akan memberitahu bagaimana cara untuk merubah GPT ke MBR atau sebaliknya.

Cara Rubah Type Hardisk Pada Saat Menginstal Windows

Nah , untuk cara convert mbr ke gpt ini dapat kamu lakukan apabila kamu ingin menginstal ulang windows kamu atau pada saat hardisk kamu sedang kosong.

Ingat jika kamu memakai cara ini hardisk kamu harus berada dalam ke adaan kosong , sebab cara ini akan menghapus semua data yang ada di hardisk kamu.

Maka ada baiknya jika kamu memback up data di hardisk kamu sebelum melakukan cara ini agar data kamu tidak hilang secara percuma . Untuk tutorialnya dapat kamu lihat di bawah ini.

#1. Masuklah Ke Bios windows,Disini saya akan menggunakan Windows 8 ,

Cara Merubah Gpt ke Mbr
Cara Merubah Gpt ke Mbr

#2. Lalu Masuk ke instalasi Windows 8 . Lanjut pilih Next , maka kamu akan terarahkan ke halaman berikutnya. Di halaman kedua ini klik “ Install now “

#3. Setelah itu , kamu akan memasuki halaman ketiga , pada saat di halaman ketiga ini kamu harus membuka CMD. Dengan cara menekan tombol SHIFT + F 10, maka cmd akan muncul.

 

#4. Maka , sekarang kamu tinggal mengetik seperti contoh dibawah ini

  • Pertama, ketik DISKPART dan tekan enter.

 

  • Ketik List Disk ( Untuk menampiklan partisi dari hardisk kamu ) ini akan berisikan informasi mengenai size dan status dari hardisk kamu.
  • Lalu , ketik lagi Select Disk 0 dan tekan enter
  • Ketikkan CLEAN dan tekan enter

 

  • Lalu , ketika Convert GPT jika kamu ingin merubah hardisk kamu ke GPT . Jika ingin merubah ke MBR ketik Convert MBR.
  • Selesai , sekarang kamu sudah berhasil mengubah partisi hardisk kamu . Sekarang kamu tinggal melanjutkan instalan windows kamu tadi.

Kalau Kamu pening dengan cara diatas silahkan lihat gambar berikut ini

Cara Merubah Gpt ke Mbr
Cara Merubah Gpt ke Mbr

Catatan : Kalau Laptop dan PC kamu menggunakan Windows 7 , dan kamu ingin mengupgrade nya ke windows 8 ke atas maka kamu harus menggunakan skema hardisk GPT dengan cara Convert MBR ke GPT. Dan begitu juga untuk yang lainnya , kalau kamu menggunakan windows 8 ke atas ( 8bit ) dan ingin downgrade ke windows 7 , maka kamu harus convert hardisk kamu ke GPT dan MBR.

 

Nah bagaimana cara merubah gpt ke mbr di atas mudah bukan, nah itu saja artikel saya kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa tetap Stay disini akan ada artikel lainnya yang bermanfaat bagi Kita semua Sekian Dan Terimakasih.

Baca Juga :

Cara Memperbaiki Suara yang Tidak Keluar di Windows 10

Cara Aktivasi Windows 10 Dengan Mudah

Cara Cek Keaslian Windows Dengan Mudahnya

Related Post to Cara Merubah Gpt ke Mbr Atau Sebaliknya Dengan Mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *