Cara Menulis Abstrak Untuk Skripsi dan Karya Ilmiah

Cara Menulis Abstrak untuk tugas akhir yang berupa Artikel , Jurnal , Penelitian berbahasa inggris

Cara Menulis Abstrak Untuk Skripsi dan Karya Ilmiah

cara membuat abstrak skripsi

cara membuat abstrak

abstrak skripsi

Cara Menulis Abstrak. Mungkin kalian pasti pernah menulis Skripsi atau karya ilmiah, pasti kalian akan menulis Skripsi atau karya ilmiah pasti akan menulis dengan tulisan Abstrak kan?.

 

Gimana sih caranya menulis abstrak? Sepertinya tulisan abstrak itu pendek banget deh tapi kenapa kita selalu tidak bisa menulisnya? Nah kali ini ada caranya agar kalian bisa menulis abstrak di skripsi atau karya Ilmiah.

Nah saya ingin mengingatkan sesuat nih sebelum kalian menulis abstrak di Skripsi, Cara yang saya sajikan mungkin tidak akan benar.

Karena Skripsi bergantung pada sang dosen pembimbing yahh tapi karya ilmiah sih boleh boleh saja. Langsung saja kita lihat cara menulis Abstrak untuk skripsi dan makalah.

1.Maksimal 150 Kata

Ini lah yang akan menjadi aturan pertama kalian bila ingin menulis Abstrak. Maksimal kata yang akan kita buat adalah 150 kata sedikit kan, kalau kita menulis 150 kata setidaknya kita sudah selesai mengerjakannya sekitar 15 menit.

Tapi kalian jangan asal menulis 150 kata karena ada beberapa aturan yang harus kalian taati.

Munkgin kalian bisa saja menulis skripsi lebih dari 150 kata pada abstraknya, sebenarnya itu tidak masalah karena skripsi maksimal adalah 300 kata tetapi ada juga skripsi lebih dari 300 kata.

Mungkin itu karena dosen pembimbing kalian. Tetapi pada karya ilmiah kalian akan menulis 150 kata kalau misalnya kalian sedang mengikuti lomba karya ilmiah nah pasti kalian sering ada aturan abstrak maksimal 150 kata dan tidak boleh lebih.

2. Pahami Bagian-Bagian Abstrak

Walaupun abstrak itu maksimal nya 150 kata, ada juga loh bagian-bagian penulisan abstrak yang tidak boleh kalian lewatkan. Bagian itu meliputi:

Judul Penelitian

Nah … jangan lupa cantumin judul penelitian kalian ya guys

Latar Belakang

Anda harus menjelaskan latar belakang penelitian Anda. Apa itu yang dimaksud  latar belakang? Yaitu alasan Anda melakukan penelitian tersebut. Cara termudah menulis latar belakang dari abstrak, mulailah dari masalah.

Tujuan (Opsional)

Terkadang, pada bagian skripsi dan karya ilmiah, dicantumkan tujuan penelitian.

Metedologi Penelitian

Jelaskan secara ringkas metodologi penelitian yang Anda gunakan. Meskipun metodologi sangat banyak, tapi usahakan ringkas. Biasanya, masukkan bagian cara Anda melakukan penelitian dan waktu dan tempatnya.

Hasil

Nah … yang terakhir itu, tuliskan hasil yang Anda peroleh. Berikan saja data statistika dan kesimpulan yang Anda dapatkan.

3. Singkat, Jelas, dan Padat

Kalian harus menulis Abstrak itu harus Singkat, Jelas, Dan Padat karena Setiap dosen pasti akan menilai ini. yang mereka baca adalah abstrak. Abstrak seolah-olah memberikan gambaran besar tentang penelitian Anda.

Oh ya, perlu ditekankan, dalam penulisan abstrak tidak perlu memberikan kalimat yang bertele-tele. Ya … terkadang kita asyik menulis eh … bertele-tele ternyata.

 

4. Abstrak Hanya 1 Paragraf

 

 

Mungkin tadi saya sudah memberitahukannya bahwa abstrak hanyak 150 kata, nah maka dari itu abstrak hanya bisa 1 Paragraf tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang tapi ini berlaku pada karya ilmiah yah.

Nah kalau skripsi tidak ada aturan mau menulis beberapa paragraph  semua itu terserah pada dosen yang bertanggung jawab menilai tulisan abstrak kalian. Saya pernah menemukan ada yang menulis Abstrak sampai 3 paragraf dalam menulis Skripsi wah Dosennya jahat juga ya.

 

 

Nah itu saja artikel saya kali ini semoga bermanfaat bagi kita semu dan jangan lupa  tetap Stay disini akan ada artikel lainnya yang bermanfaat bagi Kita semua Sekian Dan Terimakasih.

Baca Juga :

 

Related Post to Cara Menulis Abstrak Untuk Skripsi dan Karya Ilmiah

One thought on “ Cara Menulis Abstrak Untuk Skripsi dan Karya Ilmiah ”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *