Tutorial Cara menghitung Roi (Return On Investment) Dengan Mudah

Tutorial Cara menghitung Roi – Halo Teman – teman semua kembali lagi nih disitus kesayangan kita yang akan mengulas berbagai cara bermanfaat hanya untuk kamu semua. Nah pada kali ini saya akan membagikan Tutorial Cara menghitung Roi (Return On Investment) Dengan Mudah.

Pada saat kamu ingin membangun sebuah usaha, maka kamu akan benar – benar konsentrasi untuk melihat apakah ada peluang usaha yang bisa menguntungkan dan memiliki Peluang usaha yang lebih besar untuk bisa mendapatkan uang secara cepat.

Selain hal diatasi kita mungkin harus tahu kalau usaha yang akan ita buat akan memberikan sebuah keuntungan atau malah kerugian, maka dari itu lah sebabnya kita harus mengetahui tingkat sebuah keuntungan atas investasi yang sudah kamu lakukan dalam bisnis.

Hal ini juga bisa berlaku bagi seorang Investor yang sebelumnya telah memberikan Dana dan harus mempertimbangkan tingkat Roi yang akan diberikan ke Rekan satu bisnis.

Return On Investement

Return On Investement atau yang biasa kita singkat dengan Roi ini adalah singkatan dari Rate Of return yang dikenal dengan istilah Laba atas sebuah investasi ini adalah Rasio uang yang akan kita peroleh atau bisa saja hilang pada saat investasi, sesuai uang yang diinvestasikan.

Tutorial Cara menghitung Roi
Tutorial Cara menghitung Roi

Hal yang diatas tadi biasa disebut dengan Bunga atau laba/ rugi, apakah kamu tahu jika investasi uang ini bisa menjadi ases , modal , pokok , basis biaya investasi, yang pada dasarnya ROI ada dalam bentuk Persenan, bukan dalam nilai Desimal ya guys.

Tutorial Cara menghitung Roi

Lamanya suatu Investasi tidak akan memberikan Suatu indikasi kepada Roi, namun meskipun Roi seting kita nyatakan dalam satuan bulanan atau bisa juga disetahunkan serta untuk suatu tahun di kalender atau fiskal. Tingkat Laba (Rate Of Profit) ini biasa dikenal dengan Roi Investasi yang akan menghasilkan suatu investasi yang menguntungkan bagi sang investor.

 

Cara Menghitung Return On Investement (ROI)

Bagi kamu yang ingin menghitung Roi gunakan lah rumus roi dibawah ini :

Return On Investement = ( Total Penjualan – Investasi ) / Investasi x 100%

Contoh :

Kamu mempunyai Investasi sebesar Rp 15.000.000 yang menghasilkan penjualan sebesar Rp 20.000.000 sudah dipastikan kamu mendapatkan Laba Rp 5.000.000.

Maka Cara gampang untuk mengetahui Persentase dari Return On Investement adalah

Nah sekarang kita akan masuk ke Perhitungan Roi dalam persenan ialah = (( Rp 20.000.000 – Rp 10.000.000) / Rp 5.000.000 X 100% maka hasilnya adalah 20%. Mari kita simpulkan tingkat Roi nya ialah sebesar 20 % .

Setiap kali kita ingin membuka sebuah usaha kita harus menghitung Roi secara tepat dan akurat untuk memperoleh kepastian bahwa usaha yang kita lakukan dapat berkembang pesat. Dalam menjalankan bisnis kita juga akan diwajibkan memperhatikan jumlah uang yang harus kita tanamkan dalam mencapai target penjualan.

Jumlah margin yang bisa membawa keuntungan bisa kita peroleh dari margin keuntungan tersebut, namun jika investasi yang kita lakukan menyatakan keuntungan yang sedikit maka sudah dipastikan usaha kita akan mengalami kesulitan dalam perkembangan dan bahkan Kebangkrutan.

Anda bisa mengambil contoh misalnya investasi A sebesar Rp 2000 menghasilkan untung Rp 300 (ROI = 30%) dibandingkan dengan investasi B Rp 100 menghasilkan untung Rp 30 (ROI = 40%).

Investasi D memberikan jumlah / nominal lebih kecil namun rasio ROI nya jauh lebih besar daripada investasi H. Bisa kita katakan dalam hal ini investasi K lebih baik dibandingkan dengan investasi P.

Nah itu saja artikel cara menghitung roi saya kali ini semoga bermanfaat bagi kita semu dan jangan lupa tetap Stay disini akan ada artikel lainnya yang bermanfaat bagi Kita semua Sekian Dan Terimakasih.

Baca Juga :

Cara Menghitung %(Persen) Gimana Sih?

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria Dan Wanita

Cara Menghitung PBB Yang Benar

Related Post to Tutorial Cara menghitung Roi (Return On Investment) Dengan Mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *