3 Cara Mengetahui Nama Pemilik Kendaraan

Cara Mengetahui Nama Pemilik Kendaraan – Di Negara kita ini , jika kita mempunyai kendaraan pribadi pasti kita akan mempunyai Plat nomor atau nomor polisi pada kendaraan yang wajib di miliki oleh semua kendaraan di Negara ini .

Fungsi dari plat nomor ini ialah untuk mengetahui identitas kepemilikan kendaraan bermotor itu sendiri. Di setiap wilayah Indonesia ini plat nomor memiliki nomor yang berbeda beda . Nah karena itulah kita dapat mengetahui informasi mengenai identitas dari pemilik kendaraan tersebut misalnya , Jenis kendaraan ,Pajak kendaraan , dan warna kendaraan.

Plat nomor ini harus kamu ketahui karena akan ada keperluan tertentu yang akan kamu alami nantinya , contohnya : Kamu di tabrak lari oleh mobil dan ada beberapa saksi mata yang melihat kamu di tabrak di tempat kejadian , maka pasti akan ada orang yang tahu plat nomor mobil yang menabrak kamu tadi.

Dan pastinya mobil yang menabrak kamu tadi akan dapat diketahui pemilik kendaraan tersebut untuk meminta tanggung jawab darinya .

 

Cara Mengetahui Nama Pemilik Kendaraan
Cara Mengetahui Nama Pemilik Kendaraan

 

 

#1.Mengetahui Plat Kendaraan Melalui Sms

Disini saya akan memberikan beberapa provinsi daerah yang dapat kamu ketahui identitas pemilik kendaraan dengan cara mengirimkan sms.

1. DKI Jakarta

Dki Jakarta yang merupakan ibukota dari Indonesia ini bisa kamu ketahui identitas pemilik kendaraan dengan cara mengirim Sms ke nomor 1717 dengan isi sms “ METRO (SPASI) plat nomor . Tetapi cara ini tidak dapat lagi kamu gunakan karena sudah adanya aplikasi yang bisa kamu pakai melalui smartphone kamu .

Aplikasi nya yaitu “ cek ranmor dan pajak kendaraan DKI Jakarta “.

 

2. Jawa Barat

Khusus daerah jawa barat , kamu dapat mengirim sms ke nomor 0811 211 9211 dengan isi sms : “ INFO(SPASI)platnomor(SPASI)warna plat kendaraan ( Merah,hijau,kuning).

Contoh Sms : “ Info F1412KT Hijau

 

3. Jawa Tengah

Di daerah jateng ( Jawa Tengah ) , kamu dapat mengirimkan sms ke nomor 9600 dengan isi sms : “ JATENG (SPASI)Plat nomor kendaraan.

Contoh Sms : “ JATENG H8935BB “

4. Jawa Timur

Jawa timur dapat kamu kirimkan sms ke nomor 7070 dengan is isms “ JATIM(SPASI)plat nomor kendaraan.

Contoh : “ JATIM L3432PB “

Font bebas, huruf besar maupun huruf kecil.

#2. Mengetahui Plat Kendaraan Melalui Website

Nah cara yang satu ini dapat kamu pakai di wilayah tertentu saja , tidak dapat dipakai di setiap daerah yang ada di Indonesia. Selain cara mengirim SMS yang di atas , cara ini lebih mudah untuk mengetahui identitas pemilik kendaraan.

Bagaimana caranya ? mari kita simak baik baik cara berikut ini :

1. DKI Jakarta

Kamu bisa mengunjungi website : 1. https://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_KBM
                                                            2. http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/

Atau juga bisa dengan apk di smartphone yaitu : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.dki.gov.kominfo.cekranmordki/

 

2. Jawa Barat

Kamu bisa mengunjungi website : https://bapenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/

Sayangnya web ini masih melalui sms untuk mengecek info tentang kendaraan bermotor karena web ini tidak ada fitur untuk menyediakan cek info.

3. Jawa Tengah

Kamu bisa mengunjungi website : 1. http://dppad.jatengprov.go.id/?page_id=226/
                                                            2. http://bppd.jatengprov.go.id/info-kendaraan-bermotor/

 

4. Jawa Timur

Kamu bisa mengunjungi website : http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas/

5. Medan

Kamu bisa mengunjungi website : http://pajak.intipinfo.com/sumatera-utara/medan/

6. Aceh

Kamu bisa mengunjungi website : http://esamsat.acehprov.go.id/

 

#3. Mengetahui Plat Kendaraan Melalui Pihak Berwewenang

cara mengetahui nama pemilik kendaraan bermotor online yang terakhir ini ialah cara yang satu – satunya cara terakhir yang bisa kamu pakai untuk mencari identitas pemilik kendaraan bermotor , Pihak berwenang yang dimaksud ialah Kepolisian dan Samsat.

Kamu dapat bertanya kepada samsat mengenai identitas kendaraan dengan cara menghubungi samsat nya secara langsung. Nantinya kamu akan menjelaskan mengapa kamu memperlukan informasi mengenai identitas kendaraan tersebut. Nah bila di samsat kamu tidak mendapatkan informasi nya , tenang saja karena masih ada cara ke dua.

cara mengetahui nama pemilik kendaraan bermotor kedua ialah dengan meminta bantuan kepada polisi untuk mencari data kepemilikan kendaraan. Orang – orang banyak memberikan alasan seperi tabrak lari , pencurian , penjambretan atau kendaraan tersebut terserempet oleh kendaraan lain hingga rusak parah dan pelakunya melarikan diri.

Maka untuk alasan di atas kamu dapat melaporkan nya ke pihak berwenang agar kamu dapat mencari tau informasi mengenai data kemepilikan kendaraan tersebut , agar ditindak lanjuti oleh pihak kepolisian.

Note : Untuk Sms dan Website disitu hanya akan memberikan informasi yang sedikit , hanya mengenai pajak , dan tahun dibuatnya kendaraan tersebut. Dan cara terakhir itu lah yang paling ampuh untuk dapat mencari tahu identitas kepemilikan kendaraan dengan meminta bantuan dari lembaga wewenang yaitu samsat dan kepolisian.

 

Nah itu saja artikel cek pemilik plat nomor kendaraan online saya kali ini semoga bermanfaat bagi kita semu dan jangan lupa tetap Stay disini akan ada artikel lainnya yang bermanfaat bagi Kita semua Sekian Dan Terimakasih.

Baca Juga :

4 Cara Cek Nomor Internet Indihome

Cara Mengetahui NIK dan Nomor KK Pada Kartu Keluarga

4 Cara Melacak Posisi Nomor Handphone

Related Post to 3 Cara Mengetahui Nama Pemilik Kendaraan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *