Cara Mengatasi WhatsApp Yang Error

Cara Mengatasi WhatsApp Yang Error
Cara Mengatasi WhatsApp Yang Error

Halo Teman – teman Barutahukan , pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah artikel yang bermanfaat tentang bagaimana Cara Mengatasi WhatsApp Yang Error.

Di dunia ini ada banyak orang yang menggunakan Whatsapp untuk chattingan , telponan , dan Video Call. Ini menjadikan whatsapp sebagai aplikasi chatting terbaik pada sekarang ini, karena memiliki fitur tersebut dan masih banyak lagi fitur lainnya yang ada di whatsapp.

Seperti Stiker , Emoticon , Dll . Dan apa jadinya kalau Whatsapp kita mengalami error yang kita tidak tahu penyebabnya. Hal ini akan menyebabkan chat kita menjadi terhalang karena masalah tersebut kenapa whatsapp error.

Maka dari itu lah kita harus menemukan berbagai macam solusi untuk bisa membuat whatsapp kita menjadi normal kembali. ada beragam error yang dapat menyebabkan whatsaap tidak berjalan dengan normal.

Contoh error whatsapp ialah : Tidak dapat mengintsal whatsapp di smartphone, tidak dapat terhubung ke aplikasi whatsapp , tidak adanya kode aktivasi ketika mendaftar whatsapp , Dll.

Nah disinilah saya akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi whatsapp yang error, dengan pengalaman pribadi saya. Langsung saja kamu simak tutorial whatsapp error nya di bawah ini dengan baik dan benar.

 

Tidak Dapatnya Menginstal Whatsapp

Untuk penginstalan Whatsapp pada saat ini , kamu harus menggunakan android versi 2.1 ke atas agar dapat menginstal whatsapp tersebut. Namun pada tahun 2018 lalu smartphone android yang menggunakan versi 2.1 dan 2.2 tidak dapat lagi menginstal whatsaap.

Kalau kamu ingin mengecek versi berapakah android kamu pada saat ini bisa melihatnya di Menu Setting > About Phone. Maka akan muncul versi OS android kamu.

Kalau kamu mengunduh dan menginstal whatsapp melalui website dan tidak melalui google play , maka kamu harus mengaktifkan opsi Unknown Sources di settingan android kamu.

Cara mengaktifkannya ialah dengan membuka Settings » Security » Unknown Sources.

Nah bagi kamu yang mengalami error pada saat mengunduh whatsapp melalui google play dan munculnya kode error , kemungkinan besar error tersebut berasal dari google play itu sendiri. Maka dari itu kamu hanya perlu memperbaiki error di Google Play Store tersebut. Dengan mencari artikel nya di Google.com.

Tidak Adanya Kode Aktivasi Pada Saat Mendaftar Whatsapp

Nah pada saat kamu sudah selesai menginstal whatsapp dan ingin mendaftarnya , maka kamu akan mendapatkan kode aktivasi yang akan dikirim oleh whatsapp via sms.

Namun kamu dengan lamanya menunggu kode aktivasi tersebut hingga tidak adanya kiriman sms kode aktivasi tersebut. Untuk ini sebaiknya kamu mengecek apakah nomor yang kamu masukkan sudah benar atau belum. Jika kamu salah memasukkan satu angka saja maka kode tersebut tidak akan pernah sampai ke sms kamu.

Dan jika kamu sudah memeriksa bahwa nomor nya sudah benar , selanjutnya melihat apakah Negara nya sudah benar atau belum. Negara yang kamu pilih ialah Indonesia pada saat memasukkan nomor hp kamu, bukan Negara lain ya guys.

Contoh , kalau nomor hp kamu ialah 628564460934 maka kamu harus memilih Negara Indonesia , karena untuk Negara Indonesia memiliki kode ponsel yaitu +628 .

Namun kalau kamu sudah benar memasukkan nomor nya dan sudah memilih Negara yang benar namun kode belum kunjung dating juga , maka coba dengan Opsi Voice call atau panggilan suara.

Maka kamu akan dapat panggilan suara dari robot Whatsapp , yang panggilan tersebut tentang kode aktivasi yang berbahasa inggris.

Dan pastikan kalau sinyal dalam keadaan bagus dan tidak lag pada saat kamu menerima voice call atau sms tersebut. Karena jika jaringan kamu tidak bagus kode aktivasi tidak akan kunjung datang. Dan ingatlah kalau satu nomot ponsel hanya bisa digunakan di satu smartphone saja.

 

WhatsApp tidak bisa dibuka, down atau tidak bisa konek

Kalau kamu tidak bisa membuka whatsapp karena sedang down atau tidak bisa konek , mungkin hal ini berhubungan dengan jaringan internet yang sedang kamu gunakan. Nah kalau aplikasi nya tidak bisa dibuka atau kamu tidak dapat mengirim pesan cobalah tutorial di bawah ini.

#1. Pertama, kamu harus memastikan kalau kamu sudah mempunyai versi whatsapp yang baru.

#2. Kedua ,Lihatlah koneksi kamu , kalau koneksi kamu sedang tidak dalam keadaan lag. Dan pastikan kalau kouta kamu masih ada dengan menggunakan koneksi data mobile.

#3. Ketiga , nah kalau kamu ada memasang aplikasi Task Killer, maka lihatlah kalau aplikasi tersebut tidak mematikan aplikasi Whatsapp kamu.

#4. Keempat, pergilah ke setting>Applications>Whatsapp>Clear Cache ini berguna untuk menghapus cache kamu agar whatsapp dapat kembali digunakan.

#5. Terakhir, Kalau kamu sudah melakukan empat cara diatas dan tidak ada yang berhasil , maka satu – satunya cara ialah dengan mengunduh ulang whatsapp yang ada di smartphone kamu.

Namun kalau wa error tidak dapat digunakan karena server sedang down , tidak ada yang dapat kamu lakukan selain menunggu sampai server sudah pulih.

Tidak Dapatnya Mengirim Pesan / Pesan Pending

Kalau kamu sedang mengalami error pending atau tidak dapat mengirim pesan , maka kamu bisa mencari nya di artikel lain karena masalah ini tidak bisa saya pecahkan.

Aplikasi WhatsApp tidak bisa mendeteksi kontak

Mungkin untuk masalah ini memiliki beberapa alasan kenapa aplikasi whatsapp kamu tidak dapat mendeteksi kontak yang ada di smartphone kamu. Nah untuk menyelesaikannya ialah dengan cara berikut ini.

#1. Gunakanlah whatsapp versi yang terbaru

#2 Pastikan kalau nomor kontak tersebut sudah benar

#3. Dan pastikan kalau nomor kontak tersebut sudah ada WA nya

#4. Terakhir ,pastikan kalau kontak smartphone kamu sudah disetting agar bisa dilihat oleh orang lain.
WhatsApp memiliki kontak ganda

Untuk cara yang satu ini gampang banget caranya , kamu hanya perlu menginstal whatsapp terbaru atau bisa juga dengan melakukan penginstalan ulang pada whatsapp kamu.

Yah kamu hanya perlu menghapus kontak ganda tersebut. Caranya ? kamu dapat membaca caranya di website ini . Jika tidak paham dengan bahasanya silahkan gunakanlah google translate.

 

Tidak bisa memutar video di WhatsApp

Nah kalau masalah yang satu ini ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan , Pertama , silahkan kamu cek sudahkah kamu menginstall versi terbaru aplikasi Google Photos.

Kalau belum memperbaruinya , segeralah melakukan pembaruan di Google Play.

Kalau cara di atas tidak juga berhasil , maka cara terakhir ialah dengan pergi ke menu Setting > aps>google+ dan tap pada uninstall.

Tidak bisa melakukan voice call atau tidak bisa menjawab voice call

Kalau kamu tidak dapat melakukan voice call ketika memakai whatsapp , maka ada beberapa solusi untuk memecahkan masalahnya yaitu.

Tidak dapatnya kamu melakukan voice call atau menjawab voice call di aplikasi whatsapp bisa disebabkan oleh koneksi internet. Maka dari itu pastikan terlebih dahulu bahwa jaringan kamu sedang tidak berada dalam keadaan lemot.

Dan satu cara lagi ialah dengan mematikan dan menghidupkan kembali koneksi internet kamu. Untuk masalah ini bisa juga karena teman kamu yang melakukan voice call dengan mu memiliki koneksi internet yang buruk.

WhatsApp tidak bisa memutar pesan Audio

Masalah yang satu ini biasanya ini berhubungan dengan Sensor fitur proximity yang selalu diandalkan oleh pihak whatsapp. Kalau kamu ingin menemukan proximity sensor kamu bisa mengecek kamera depan smartphone kamu.

Dan sekali lagi pastikan kalau fitur itu tidak dalam keadaan rusak , dan jangan smartphone kamu ke muka atau telinga ketika ingin mendengarkan Voice note ( Pesan Audio) di whatsapp. Dan jangan lupa menaikkan volume suara jika terlalu pelan.

 

Tidak bisa download foto atau video di WhatsApp

Nah untuk masalah yang satu ini kamu dapat mengatasi nya dengan cara , buka menu settings>data usage dan silahkan lihat apakah kamu sudah mengaktifkan fitur media Auto-Download.

Kalau belum mengaktifkannya , cobalah aktifkan fitur tersebut agar kamu dapat mengunduh foto dan video di whatsapp. Pilih salah satu metode download yang tersedia.

 

  • When Connected On Wi-Fi : Nah kalau ini khusus bagi yang sedang menggunakan Wi-fi saja
  • When Using Mobile Data : Yang ini khusus bagi yang menggunakan data mobile pada saat menggunakan whatsapp.
  • When Roaming : Pilih lah ini kalau kamu sedang berada di luar negeri.

Note: Centang lah file apa saja yang akan kamu download, kalau saya memilih Images and videos.
WhatsApp diblokir di negara saya

Kalau whatsapp tidak dapat kamu gunakan di Negara kamu karena diblokir , kamu dapat menggunakan VPN untuk menyamarkan IP seolah kamu berada di Negara yang tidak memblokir whatsapp.

Gunakan aplikasi VPN seperti Rocket VPN dan gunakan server US, karena di Amerika WhatsApp jelas tidak diblokir. Kamu juga bisa memilih server lain.

Perlu kamu gunakan aplikasi VPN yang bagus , contohnya Rocket VPN dan gunakanlah server US, karena di Negara tersebut whatsapp tidak diblokir.

Selain Rocket VPN, ada banyak aplikasi VPN yang saya rekomendasikan untuk dicoba:

  • Psiphon
  • Betternet
  • Touch VPN
  • Hotspot Shield VPN Proxy

Nah itu saja artikel Cara Mengatasi WhatsApp Yang Error Dengan Mudah saya kali ini semoga bermanfaat bagi kita semu dan jangan lupa tetap Stay disini akan ada artikel lainnya yang bermanfaat bagi Kita semua Sekian Dan Terimakasih.

Baca Juga :

Cara Membuat Tulisan WhatsApp Keren

Cara Ampuh Keluar Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan

Cara Install Aplikasi WhatsApp Untuk PC di Windows 7

Related Post to Cara Mengatasi WhatsApp Yang Error

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *