Cara Mudah Mencari Jarak, Kecepatan, dan Waktu Tempuh

Cara Mencari Jarak Kecepatan dan Waktu Tempuh – Ketika kamu melakukan sebuah perjalanan dengan mneggunakan transportasi seperti Mobil , Motor , Bus , Sepeda , dll , pasti akan pernah terpikir di kepala kita berapa sih jarak dan kecepatan yang ditempuh untuk mencapai tujuan dengan transportasi tersebut .

Nah pada biasanya seseorang dapat melihat dan mengukur jarak dan kecepatan dengan melihat Speedometer yang berada pada alat transportasi diatas kecuali sepeda.

Mencari Jarak, Kecepatan, dan Waktu

Di sekolah dasar dulu kita pasti pernah mendapatkan materi mengenai jarak , kecepatan , dan waktu tempuh alat transportasi ,  agar saya dapat membantu kalian yang sedang mengerjakan pr mengenai materi ini , atau bagi kamu yang ingin mengenang materi pelajaran sekolah dasar pada jaman kecil dulu. Pastinya kamu masih bingung dengan materi ini , atau bahkan kamu sudah melupakan materi ini .

Nah disini lah saya Cara Mencari Jarak Kecepatan dan Waktu Tempuh akan membahas mengenai bagaimana cara untuk mencari Jarak , Kecepatan , dan Waktu Tempuh dengan menggunakan segitiga ajaib untuk menghitung , mencari , atau bahkan menentukan jarak peta , skala peta dan jarak sebenarnya.

Bisa juga untuk menentukan volume , debit , dan debit air. Untuk perbedaannya terletak di huruf nya saja , namun materi nya tetap sama saja .

Menggunakan Segitiga Ajaib

Cara  Mencari Jarak Kecepatan dan Waktu Tempuh
Cara Mencari Jarak Kecepatan dan Waktu Tempuh

Nah untuk metode paling mudah bisa kamu lakukan dengan menggunakan segitiga ajaib ini untuk mencari jarak , kecepatan , dan waktu tempuh. Kamu cukup menutup dengan tangan satuan apa yang ditanyakan. Dan kamu akan tahu tanpa menghafal yaitu :

  • W = Waktu
  • K = Kecepatan
  • J = Jarak

 

Biasanya untuk penyebutan dari segitiga ajaib ini ialah dengan Segitiga Jokowi. Agar lebih mudah untuk menghafalkan rumus tersebut kamu hanya perlu mengingat nama presiden Ri yaitu bapak Jokowi . JO ialah jarak , Ko ialah kecepatan , dan Wi ialah waktu.

Sebelum masuk ke contoh soal , ada baiknya jika kamu lebih mendalami pengertian dari Waktu , Kecepatan dan jarak.

Jarak

Jarak ialah sebuah angka yang menunjukkan seberapa jauh kah sesuatu benda berubah posisi melalui lintasan tertentu. Pada dasarnya satuan dari jarak ialah Kilometer dan Meter.

 

Kecepatan

Kecepatan ialah suatu besaran yang menunjukkan seberapa cepat kah suatu benda berpindah. Pada dasarnya satuan dari Kecepatan ialah Meter dan detik , namun itu semua tergantung pada pertanyaan.

 

Waktu Tempuh

Waktu Tempuh ialah berapa lama waktu yang kamu gunakan untuk menempuh suatu jarak tertentu. Untuk satuannya ialah Detik , menit , dan jam.

 

Mencari Dan Menentukan Jarak

Nah berikut ini saya akan memberikan sebuah rumus mencari jarak dan  contoh soal untuk mencari jarak beserta dengan cara menghitungnya menggunakan rumus segitiga ajaib .

Contoh Soal

Yazed mengendarai Mobil selama 2 jam 30 menit dengan kecepatan rata-rata 48 km/ jam. Berapa km jarak yang ditempuh Yazed?

Jawab

Untuk menjawab soal di atas gunakanlah rumus  segitiga ajaib yang ada di bawah ini .

Dik :W  = 2 jam 30 menit = 2 ½ = 2,5 jam ( Ubahlah waktu menjadi jam )

K    = 48KM/jam

Dit : J = Jarak

J= W x K

J= 48 KM / JAM X 2, 5 JAM  ( disini satuan Jam boleh dimatikan agar mudah untuk mengerjakannya.)

J = 120 Km

Jadi Jarak yang ditempuh oleh Yazed ialah 120Km.

 

Mencari Dan Menentukan Kecepatan

Nah berikut ini saya akan memberikan sebuah rumus kecepatan dan contoh soal untuk Mencari Dan Menentukan Kecepatan beserta dengan cara menghitungnya menggunakan rumus segitiga ajaib .

Contoh Soal

Kota Medan Dan Kota Aceh Memiliki Jarak Yaitu 90 Km . Jarak tersebut bila ditempuh menggunakan mobil selama 1 jam 30 menit . Berapakah kecepatan rata – rata mobil tersebut.

Jawa

Untuk mencari kecepatan rata-rata, maka gunakan rumus segitiga ajaib seperti di bawah ini.

Dik : J = 90Km

W = 1 Jam 30 menit ( 1 , 5 Jam )

Dit : K ?

K = J : W

K =90 KM : 1 ½ ( 3/2) = 90 x 2/3 ( Untuk pembagian pecahan harus dibalik

K = 90 KM : 1,5 Jam

K = 60 Km / Jam

Jadi kecepatan rata – rata mobil tersebut ialah = 60 KM/Jam.

 

Menentukan / Mencari Waktu Tempuh

Nah berikut ini saya akan memberikan sebuah contoh rumus jarak tempuh dan soal untuk Mencari Dan Menentukan Kecepatan beserta dengan cara menghitungnya menggunakan rumus segitiga ajaib .

Contoh Soal

Jarak Rumah Thania Ke Rumah Rian 100 Km . Jarak tersebut  ditempuh oleh Rian dengan sepeda motor yang berkecapatan rata – rata 40 Km/jam. Berapa waktu yang dibutuhkan Rian untuk sampai ke rumah Thania ?

Jawaban

Untuk mencari waktu tempuh, maka gunakan rumus segitiga ajaib seperti di bawah ini.

Dik  :      J = 100 Km

K = 40 Km/Jam

Dit : W

Jawab :

W = J : K

W = 100 Km : 40 Km/Jam

W = 2,5 Jam

Maka waktu yang ditempuh rian ke rumah thania ialah 2, 5 jam ,, cukup lama juga ya guys :V

Saya menulis artikel ini karena waktu itu adik saya sedang kebingungan dengan pekerjaan rumah matematika mengenai materi ini , dan saya pun bertanya kepada adik saya “ Dik Knp tidak memakai Rumus Segitiga Ajaib saja Agar Lebih Mudah Mengerjakannya ? “ Dan adik saya pun menjawab “ Wah kenapa ga bilang daritadi bang ,, bantuin mengerjakannya dong “ . Dan setelah itu saya pun mengajari bagaimana cara menggunakan Rumus segitiga ajaib tersebut.

Nah itu saja artikel Cara Mencari Jarak Kecepatan dan Waktu Tempuh Dengan Mudah saya kali ini semoga bermanfaat bagi kita semu dan jangan lupa tetap Stay disini akan ada artikel lainnya yang bermanfaat bagi Kita semua Sekian Dan Terimakasih.

Baca Juga :

Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer

Cara Memasukkan Token Listrik Ke Meteran

Cara Mengatasi WhatsApp Yang Error

 

Related Post to Cara Mudah Mencari Jarak, Kecepatan, dan Waktu Tempuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *