Cara Memperbaiki File Yang Corrupt Di Windows

Cara Memperbaiki File Corrupt – Ketika kamu mendowload sesuatu file dah ingin mengesktraknya menggunakan Winrar ternyata pada saat di ekstrak file tersebut corrupt dan tidak dapat di ekstrak .

Ternyata penyebab dari gagalnya ekstrak file tersebut mungkin disebabkan oleh Hardisk yang Bad sector atau Sistem Crash, maka dari itu ada baiknya jika kamu memback up data kamu terlebih dahulu.

Karena jika kamu tidak memback up data terlebih dahulu , maka ketika data itu rusak maka kamu tidak dapat mengembalikannya seperti sedia kala .

Tetapi , jangan bersedih dahulu karena masih ada kemungkinan kamu dapat memperbaiki file tersebut kalau masalahnya kecil atau data yang rusak sedikit .

Adanya kemungkinan untuk memperbaiki file yang rusak itu lah yang membuat kita menjadi semangat. File corrupt kadang membuat kita kesal dan jengkel karena mungkin data yang corrupt tersebut adalah data yang penting atau data tugas yang ingin diberikan kepada dosen kamu.

Masalah memperbaiki file corrupt seperti inilah yang membuat hati kita deg – deg an karena tanpa diduga mengalami sebuah masalah. Namun kamu tenang saja karena saya disini akan memberikan tutorial cara memperbaiki file corrupt atau rusak di windows.

Cara Memperbaiki File yang Corrupt di Windows

 

Mengubah Format File Tersebut

cara memperbaiki file corrupt
cara memperbaiki file corrupt

Cara yang pertama ini mungkin dapat berguna untuk memperbaik file yang corrupt tersebut , ada kemungkinan jika file corrupt tersebut tidak akan bisa dibuka dalam bentuk aslinya .

Setidaknya kamu dapat mengakses isi file tersebut , Contohnya kamu dapat mengkonversi dokumen Microsoft Word ke File Pdf , jika file tersebut gambar bisa kamu dapat merubahnya ke dalam format JPG ke PNG.

Kamu dapat merubah file tersebut melalui Online dengan converter gratis yang telah disediakan untuk semua jenis file.

Kamu cukup mencari nya secara online “ Mengkonversi ( File Anda ) ke ( Format File Yang Kamu Inginkan) “ . Kamu akan mendapatkan sebuah converter online gratis dan bagus uuntuk mengkonversi file kamu . Nah , disini saya menyediakan beberapa konventer online yang dapat kamu gunakan secara gratis .

 

 

 

Baca Juga : Kumpulan Cara Mengedit File PDF

Menggunakan Program Yang Berbeda

cara memperbaiki file corrupt
cara memperbaiki file corrupt

Ternyata format file tunggal bisa dibuka dengan banyak program , baik built – in ataupun pihak ketiga . Selain itu , setiap program memiliki algoritma dan persyaratan membuka file .

Mungkin program kamu saat ini tidak bisa membuka file tersebut , tetapi ada sebuah program alternative yang dapat membukanya. Contohnya file dokumen word bisa juga dibukan dengan program alternative seperti LibreOffice dan Google Docs .

Kamu juga harus mencoba program yang lebh komprensiv untuk membuka file , Contohnya ketika kamu membuka sebuah Video yang rusak , coba gunakanlah Vlc Player atau Pemutar bawaan dari windows.

Setelah kamu mempunyai program alternative , klik kanan di file yang rusak , lalu arahkan kursor mouse ke opsi       “ Open With “ . Nah program alternative akan berada disini. Jika tidak , maka klik “ Choose Default Program “ untuk membuka semua aplikasi yang terinstal tersebut.

Menjalankan SFC Scan

 

Untuk pemindaian SFC membantu kamu mencari system File yang rusak dan akan langsung memperbaikinya secara otomatis . Jika file tersebut mencegah dibuka , atau file itu sendiri adalah file system , maka menjalankan SFC scan akan memperbaikinya sampai file tersebut bisa dibuka.

Caranya ialah : Tekan Windows + R di keyboard kamu > lalu ketik CMD > Ketik sfc / scannow > Tekan Enter.

Maka pemindaian akan segera dimulai dan akan memakan waktu lima menit – 15 menit tergantung banyaknya file yang rusak.

 

Menggunakan Sofware Repair Tools

Jika cara – cara di atas belum berhasil juga untuk mengatasi file yang corrupt , cara terakhir ini adalah cara satu – satunya bagi kamu agar dapat membetulkan file yang corrupt .

Namun jika kamu menggunakan cara ini , file yang rusak harus lah file yang benar – benar sangat penting . Karena alat ini memerlukan pembelian untuk memperbaiki file tersebut secara penuh.

Mereka biasanya akan medapatkan demo untuk memperbaiki sebagian file , atau mereka mungkin akan hanya memberitahu bahwa file tersebut dapat diperbaiki atau tidak .

Untuk alatnya ada banyak yah ,, untuk jenis file yang berbeda jadi berikut ini adalah semua daftar semua alat repair yang popular.

File Repair: Situs web mencantumkan puluhan alat perbaikan untuk berbagai format file

Repair Toolbox : Alat perbaikan file all-in-one

Hetman File Repair : Dapat memperbaiki file gambar yang rusak

Digital Video Repair : Alat gratis untuk memperbaiki file video yang rusak

Zip Repair : Dapat memperbaiki file .zip yang rusak

Office Fix : Dapat memperbaiki format file Microsoft Office, seperti file Word atau Excel

MP3 Repair Tool : Alat gratis untuk memperbaiki file MP3 yang rusak.

 

Nah itu saja artikel cara mengatasi file corrupt Dengan Mudah saya kali ini semoga bermanfaat bagi kita semu dan jangan lupa tetap Stay disini akan ada artikel lainnya yang bermanfaat bagi Kita semua Sekian Dan Terimakasih.

Related Post to Cara Memperbaiki File Yang Corrupt Di Windows

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *