Cara membuat Tujuan dan Manfaat Penelitian yang baik dan Benar

Cara membuat Tujuan dan Manfaat Penelitian yang baik dan Benar bagi siswa khusus karya tulis ilmiah PDF adalah

Cara membuat Tujuan dan Manfaat Penelitian yang baik dan Benar – Ketika kalian ingin mempunya keinginan yang ingin kalian capai misalnya kalian ingin tulisan karangan kalian dengan topic bahasan Cara membuat Penelitian Ilmiah Khususnya Berkaitan dengan Skripsi Bidang Pendidikan sampai selesai.

Cara membuat Tujuan dan Manfaat Penelitian yang baik dan Benar
Cara membuat Tujuan dan Manfaat Penelitian yang baik dan Benar

Nah kali ini saya sedang ditemani dengan Alunan music Anime dan kopi yang hangat dipagi hari, saya menjadi semakin semangat dan membara untuk menulis artikel ini. Selain menjadi bahan pelajaran bagi sayajuga senang berbagi dengan kalian semuanya.

Pada kesempatan kali ini mungkin saya akan melanjutkan pada salah satu bagian yang akan tidak kalah penting pada saat Menyusun sebuah karya ilmiah penelitian yaitu Membuat Tujuan Penelitian.

Pertanyaan ini biasanya muncul ketika sahabat sudah selesai untuk membuat rumusan masalah.

Mungkin bagi kalian yang masih awam dengan menulis karya ilmiah sering bertanya-tanya Bagaimanakah cara membuat tujuan penelitian yang tepat? Ketika kalian sudah membuat rumusan yang tepat.
Pada artikel yang lalu saya telah menuliskan cara membuat latar belakang, dan cara membuat

rumusan masalah. Jika kalian belum membaca bagian itu saya menyarankan kepada kalian untuk membacanya terlebih dahulu.

Cara membuat Tujuan dan Manfaat Penelitian yang baik dan Benar

Pengertian Tujuan Penelitian

Nah pada saat sebelum kita memulai untuk membuat dan memberikan contoh-contoh dari tujuan penelitian, saya akan mencoba untuk menjelaskan apa yang dimaksud dengan tujuan penelitian itu sendiri.

Jadi tujuan penelitian tersebut adalah kalimat yang menunjukkan indikasi kearah mana penelitian dilakukan atau data-data serta informasi yang akan kita capai dari penelitian tersebut. Bentuk kalimat dari tujuan penelitian adalah sebuah pernyataan yang konkrit, jadi bukan hanya kalimat Tanya itu sama seperti rumusan masalah.

Nah ada yang perlu kalian ketahui neh bahwa tujuan dari penelitian ini ada tiga macam variasinya. KArena penelitian biasanya bertujian untuk menemukan ilmu yang baru, mengembangkan pengetahuan yang sudah ada dan yang terakhir yaitu menguji pengetahuan yang ada.

sementara beberapa ahli mengatakan bahwa Tujuan penelitian itu dapat dibedakan menjadi;

#1.Eksploratif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menemukan suatu pengetahuan baru yang belum pernah ada.

#2.Verifikatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menguji suatu teori yang sudah ada. Sehingga ditemukan suatu hasil penelitian yang dapat menggugurkan atau memperkuat pengetahuan atau teori yang suadh ada.

#3.developer atau sang pengembang yaitu penelitian yang memiliki tujuan untuk mengembangkan penelitian yang sudah ada.

Nah ada juga nih yang akan membagi tujuan penelitian menjadi umum dan khusus, jadi ada dua yaitu tujuan umum dan tujuan khusus, berikut ini adalah penjelasannya.

#1.Tujuan Umum adalah tujuan penelitian secara keseluruan dari yang ingin dicapai dalam penelitian itu sendiri.

#2.Tujuan Khusus adalah tujuan yang lebih spesifik. Biasanya menggunakan kata-kata operasional sehingga lebih jelas untuk dicapai. Tujuan khusus biasanya juga menjadi penjabaran dari tujuan umum.

Meskipun seperti itu dalam sebuah penelitian atau penulisan karya tulis ilmiah, kita tidak harusnya ada tujuan umum dan tujuan khusus.

Jika tujuan umum yang dibuat seudah spesifik maka tidak perlu kita membuat tujuan khususnya. Begitupun sebaliknya jika kita sudah membuat tujuan yang spesifik maka kita tidak perlu membuat tujuan umum. Cukup untuk menuliskan dengan tujuan penelitian saja.

 

Cara membuat tujuan penelitian

#1.Nah untuk membuat tujuan penelitian kita harus kembali melihat rumus masalah

#2.Mencari kata operasional yang tepat untuk kita menjawab rumusan masalah yang ada (Contoh kata operasional: Mengidentifikasi, Mendeksripsikan, mengukur, menganalisi, Membandingkan,dll).

Berikut ini adalah   contoh tujuan penelitian  

contoh 1
Rumusan Masalah : Adakan kesamaan cara mengajar antara guru senior dengan guru baru?
Tujuan Penelitian adalah : Membandingkan cara mengajar guru senior dan guru baru

Contoh 2
Rumusan masalah : Adakah hubungan antara panjang rambut dengan keterampilan membaca siswa?

Tujuan Penelitiannya adalah : Menidentifikasi hubungan antara panjang rambut dengan keterampilan membaca siswa

Contoh 3
Rumusan masalah : Adakah pengaruh metode pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa?

Tujuan Penelitian : Mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa.

Contoh 4
Rumusan Masalah : Seberapa besar pengaruh rungan kelas yang nyaman terhadap motivasi belajar siswa?
Tujuan Penelitian : Mengukur pengaruh rungan kelas yang nyaman terhadap motivasi belajar siswa?
Itu adalah sedikit bagaimana pembahasan tentang cara membuat tujuan penelitian, dan saya juga sudah memberikan beberapa contoh tujuan penelitian yang telah dikembangkan dari rumusan masalah yang sudah ada saya buat di artikel sebelumnya. Jadi mudah sekali bagi kalian bukan, kita sudah bisa membuat rumusan masalahnya tinggal mencari kata operasional yang tepat saja.

Sesaat kalian telah bisa membuat tujuan penelitian hal lainnya yang harus kalian buat adalah manfaat penelitian “Apa itu manfaat Penelitian?”
Manfaat penelitian akan berisikan uraian manfaat yang akan dihasilkan dari laksanakannya penelitian itu, jadi kalian tinggal pikirkan bagaimana kira-kira manfaat yang bisa kita dapat dari melakukan penelitian itu. Kemudian yang perlu kalian ketahui bahwa manfaat penelitian itu dapat kita bagi yaitu manfaat Secara Teoritis dan Manfaat secara Praktis.

Manfaat Teoritis

#1.Yang pertama adalah manfaat teoritis yang berlatar belakang dari tujuan penelitian barifikatif, untuk mengecek teori yang sudah ada. Apakah akan di perkuat atau bisa juga menggugurkan teori tersebut. Manfaat teoritis ini muncul berdasarkan ketidak puasan atau keraguan terhadap teori yang sudah ada sehingga dilakukan penyelidikan kembali secara empiris.

Manfaat Praktis

#2.Kalian harus tahu manfaat praktis biasanya tidak hanya untuk satu subjek melainkan bisa untuk semua objek yang lebih dari satu. Misalnya manfaat untuk orang tua , manfaat untuk kakek & Nenek, manfaat untuk guru, Dll.
Jadi kalau kalian berpikiran kalau penelitian kalian belum memberikan banyak manfaat ada bsaiknya kalian cukup bersabar dan jangan pernah ragu.

 

Contoh Manfaat Penelitian

Nah ini adalah beberapa  contoh manfaat penelitian

Manfaat Teoritis

Mungkin hasil dari penelitian ini dapat menjadi landasalan kalian dalam mengembangakan media pembelajaran atau penerapan media pembelajaran lebih lanjut. Selain itu juga menjadi sebuah nilai tambah khasanah pengetahuan ilmiah dalam bidang pendidikan di Indonesia kita.

 

Cara membuat Tujuan dan Manfaat Penelitian yang baik dan Benar

Manfaat Praktis

#1.Bagi siswa, hasil penelitian diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD negri jomblang 01 Kota Semarang 2015/2016 dengan penerapan media.

#2.Bagi guru, penerapan media papan lempar dalam pembelajaran dapat memfasilitasi siswa dalam belajar dan mempelajari materi dengan mudah dan bermakna.

#3.Bagi sekolah, hasil dari penelitian penerapan media papan lempar ini memberikan referensi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru. Serta sekolah dapat mendukung guru untuk menciptakan media yang lebih bervariasi lagi.

#4.Bagi peneliti, peneliti mampu menerapkan media yang sesuai dalam materi pembelajaran tertentu. Serta peneliti mempunyai pengetahuan dan wawasan mengenai materi dan media pembelajaran yang sesuai.

Cara membuat Tujuan dan Manfaat Penelitian yang baik dan Benar

Nah itu saja artikel manfaat penelitian saya kali ini semoga bermanfaat bagi kita semu dan jangan lupa tetap Stay disini akan ada artikel lainnya yang bermanfaat bagi Kita semua Sekian Dan Terimakasih.

 

Baca juga :

Cara Menulis Abstrak Untuk Skripsi dan Karya Ilmiah

Cara download Jurnal Gratis di Sciencedirect

Related Post to Cara membuat Tujuan dan Manfaat Penelitian yang baik dan Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *