Cara Melihat Laporan Bos Online Semua Sekolah Di Indonesia 2019

Halo Teman – teman Barutahukan , pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah artikel yang bermanfaat tentang bagaimana CARA MENGISI LAPORAN DANA BOS ONLINE TAHUN 2019.

Karena telah cairnya Dana Bantuan Operasional Sekolah atau biasa kita sebut dengan Dana BOS , maka saya menulis artikel ini .

Sebelum memasuk ke langkah – langkahnya , ada baiknya jika kamu mengetahui apa itu Dana BOS pengertiannya sebagai berikut.

 

Apa Itu Dana BOS ?

Dana BOS atau Dana Bantuan Operasional Sekolah ialah program dari pemerintah yang pada dasarnya adalah untuk penyediaan biaya operasi nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar bagi pelaksana program wajib belajar.

Dana BOS diberikan pemerintah kepada sekolah – sekolah untuk menyediakan biaya operasi nonpersonalia bagi satuan pendidikan.

Tujuan dari dana BOS

  • Meringankan beban biaya operasi sekolah bagi siswa di sekolah swasta.

 

  • Membebaskan pungutan seluruh siswa miskin dari seluruh pungutan dalam bentuk apapun, baik di sekolah negeri maupun swasta

 

  • Membebaskan pungutan bagi seluruh siswa SD/SDLB negeri dan SMP/SMPLB/SMPT (Terbuka) negeri terhadap biaya operasi sekolah, kecuali pada rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) dan sekolah bertaraf internasional (SBI).

Nah diatas tadi adalah beberapa penjelasan dan tujuan mengenai dana BOS , agar kamu lebih mengerti apa itu dana BOS dan tujuan dari Dana BOS itu apa.

Tanpa perlu berlama – lama lagi saya akan memberikan tutorial bagaimana Cara Mengisi Laporan DANA BOS ONLINE TAHUN 2019 sebagai berikut ini.

Cara mengisi laporan BOS online

#1. Buka & Login terlebih dahulu di halaman https://bos.kemdikbud.go.id/

#2. Lalu di bagian paling Bawah klik tulisan “ Masuk Website “ yang berwarna Biru.

laporan bos online

#3. Pilih menu Login berwarna merah yang berada di atas sebelah kanan kalian > Lalu pilih kata “ Sekolah “ .

Kenapa harus sekolah ? Kenapa Tidak Provinsi ? karena dana BOS yang akan kita laporkan adalah Dana BOS sekolah kita sendiri.

#4. Lalu kamu akan disuruh login menggunakan Data Pokok yang berupa Email dan Password.

Note: Di Kolom Email dan Password Isilah sesuai dengan yang ada di dapodik kamu , lalu pilih login.

#5. Kamu akan diarahkan ke menu DashBoard BOS Online , tampilannya seperti gambar dibawah ini.

#6. Lalu pada tampilan DashBoard Pilihlah tahun 2019 , pilih triwulan 1 . Karena kita akan melaporkan rincian penggunaan Dana BOS triwulan 1 tahun 2019 > terakhir klik menu “ + Tambah “ .

#7. Lalu tampilan dari laporan berubah lagi seperti gambar dibawah ini.

Note : Isilah tahun serta triwulan yang akan kamu laporkan keuangannya , lalu tuliskan rincian penggunaan Dana BOS Triwulan 1 sesuai dengan RealisasiK-7a dari kepala sekolah , terakhir pilihlah menu proses.

#8. Jika sudah menyelesaikannya , kamu akan kembali lagi ke menu awal Dashboard , pilih menu tahun , triwulan , serta tampilkan jika ingin melihat Rincian DANA BOS yang telah diisikan tadi, dan jika ada kesalahan pilihlah Ubah.

#9 Jika semua sudah benar anda lakukan , sekarang kamu tinggal Logout saja .

#10. Selesai.

 

Nah itu saja artikel lapor bos online Dengan Mudah saya kali ini semoga bermanfaat bagi kita semu dan jangan lupa tetap Stay disini akan ada artikel lainnya yang bermanfaat bagi Kita semua Sekian Dan Terimakasih.

Baca Juga Artikel Khusus untuk anda

Cara Download Jurnal Berbayar Dengan 3 Langkah Saja

Cara Pengajuan NUPTK , Mencetak NUPTK , Memeriksa Ke Aktifan NUPTK Dengan Mudah

3 Tips Agar Kamu Bisa Cek History Token Listrik Hanya 5 Menit Saja

Related Post to Cara Melihat Laporan Bos Online Semua Sekolah Di Indonesia 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *