Cara Cek Semua Tombol Keyboard Laptop Rusak Atau Tidak

cara cek keyboard laptop – ahkah kamu waktu saat sedang mengetik melalui laptop dan ternyata ada salah satu tombol laptop kamu yang tidak berfungsi , kamu bingung apakah keyboard laptop tersebut rusak atau tidak . Kamu Ingin membawa ke tempat service laptop tapi kamu takut bahwa keyboard laptop tidak rusak , serba salah jadinya.

Menurut pengalaman pribadi saya , pada saat saya mengetik sebuah skripsi untuk tugas kuliah saya menekan salah satu tombol keyboard waktu itu saya menekan tombol G ternyata yang keluar malah angka 6 . Saya coba lagi menekan huruf L tetap sama juga yang keluar angka 8 hal , itu terjadi pada saat saya mencabut keyboard USB dari laptop .

Bukan hanya itu saja pengalaman pribadi saya ketika keyboard laptop error , pada kejadian kedua kali ini tombol PRTSC atau print screen tombol ini berfungsi untuk mengambil screen shoot layar monitor kamu.

Nah , disini saya terus mencari cara untuk mengatasi error tersebut apakah keyboard laptop saya rusak atau tidak . Saya terus mencari di google namun saya memakai software gratis.

Pada akhirnya saya mendapatkan situs untuk mengecek apakah keyboard laptop kamu rusak atau tidak yaitu Situs KeyboardTester.com . Setelah saya menggunakan situs tersebut saya akhirnya mengetahui apakah keyboard laptop saya rusak atau tidak , bagi kamu yang penasaran bagaimana cara kerja dari situs tersebut bisa langsung melihat cara dibawah ini.

Cara Cek Tombol Keyboard Laptop Rusak Atau Tidak

cara cek keyboard laptop
cara cek keyboard laptop

 

#1. Pertama , bukalah situs KeyboardTester.com , lalu klik “ Launch The Tester “ untuk memulai apakah keyboard laptop kamu rusak atau tidak.

#2. Lalu , kamu cobalah satu persatu tombol laptop kamu apakah masih berfungsi atau tidak , kalau tombol laptop kamu masih berfungsi maka akan keluar bunyi dan akan muncul kotak hijau. Silahkan perhatikan gambar berikut ini , keypad PRNTSC diberi kotak hijau yang artinya masih bisa digunakan.

cara cek keyboard laptop

Note:

# Jika kamu ingin menguji keypad Numberick pastikan terlebih dahulu tombol Num Lock kamu On

#perlu diingat kalau keyboard tester tidak bisa membedakan antara duplikat kunci ( Ctrl , Alt , Enter , Shift ) sehingga kamu harus mengecek nya satu persatu.

 

Penyebab keyboard laptop rusak

#1. Hal pertama yang membuat keyboard cepat rusak ialah karena banyaknya debu yang menempel di keyboard laptop karena tidak pernah dibersihkan.

#2. Memakai keyboard untuk bermain game dengan batas waktu yang lama , ada baiknya kamu gunakan keyboard eksternal.

#3. Biasanya terjadi karena adanya lapisan tembaga di kedua permukaan lembab atau terlalu menempel yang akan mengakibatkan kedua lapisan yang seharusnya akan menempel jika tombol ditekan. Di keyboard tester hal tersebut akan berbunyi terus menerus dan berbeda dengan tombol yang bisa digunakan karena sekali bunyi.

Cara Merawat Keyboard Laptop

#1. Copot semua tombol keyboard laptop kamu menggunakan Obeng , dan perhatikan posisi dari setiap tombol keyboard lalu lepaskan karetnya.

#2. Ambil sebuah kuas atau cotton bud dan mulailah untuk membersihkan tombol tersebut dengan kuas, jika kamu menggunakan Cotton Bud ( Korek Kuping ) berilah sedikit air agar debu yang menempel di keyboard mudah hilang.

#3. Untuk Karet cucilah dengan air hangat lalu keringkan.

#4. Kalau semua sudah kamu lakukan , pasang kembali keyboard laptop kamu sesuai dengan urutan.

Jangan khawatir apabila tombol Prtsc kamu rusak , kamu jadi panic karena tidak dapat menscreenshot layar monitor kamu , karena di windows yang kita gunakan sudah menyediakan aplikasi Snipping Tool yang berguna untuk mengambil screen shoot layar monitor kamu.

Untuk Penggunaan snipping tool , kamu hanya perlu menklik Icon Windows >> All Programs >> Accessories>> Snipping Tool. Selesai

Nah sekian Artikel cek keyboard laptop Dari saya semoga bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa tetap stay disini kalian akan menemukan artikel Menarik Lainnya. Sekian Dan Terimakasih.

Related Post to Cara Cek Semua Tombol Keyboard Laptop Rusak Atau Tidak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *