Cara BackUp Dan Restore Chat WA Tanpa Jaringan Internet

Cara BackUp Dan Restore Chat WA – Untuk sekarang ini whatsapp telah menghadirkan fitur baru yaitu , membackup dan merestore riwayat percakapan kamu melalui Gmail yang nantinya akan disimpan di Google Drive.

Namun , untuk fitur backup dan restore riwayat percakapan ini hanya bisa kamu lakukan apabila kamu sudah mengunduh whatsapp versi baru dan di unduh melalui situs resmi Whatsapp.

 

Cara untuk backup dan restore pesan di whatsapp ini caranya sangat mudah yah guys… Namun sebelum kami ke tutorial cara backup wa berikut ini , ada baiknya jika kamu mengecek dahulu apakah versi whatsapp kamu sudah mendukung fitur ini atau belum.

Cara mengecek Versi Whatsapp ialah dengan memasuki menu Pengaturan – Chat &Calss – ChatBackup maka akan ada pilihan Google Drive setting yang menandakan bahwa versi whatsapp kamu sudah dapat menggunakan fitur ini .

Kalau Google Drive setting tidak muncul di whatsapp kamu , saya sarankan kamu harus mengupdate whatsapp kamu dengan versi terbaru di google play store atau bisa juga melalui Situs Whatsapp.

Setelah whatsapp kamu sudah bisa menampilkan Google Drive setting chatbackup , maka selanjutnya kamu tinggal mengikuti tutorial berikut ini agar kamu dapat membackup data chat kamu dan merestorenya . Mari simak cara backup whatsapp dibawah ini.

Tutorial Backup & Restore Chat Whatsapp Melalui Google Drive

Cara BackUp Pesan Whatsapp

Nah , bagi kamu yang belum mengetahui bagaimana cara untuk membackup dan merestore data chat kamu di whatsapp lihatlah tutorial dibawah ini dan kamu akan segera bisa melakukannya .

#1. Pertama , bukalah aplikasi Whatsapp di smartphone kamu

Cara BackUp Dan Restore Chat WA
Cara BackUp Dan Restore Chat WA

#2 . Lalu , pilih menu – Settings – Chats – Chat Backup .

Cara BackUp Dan Restore Chat WA
Cara BackUp Dan Restore Chat WA

#3 . Selanjutnya , kamu harus menghubungkan akun Google Drive ke WA kamu, untuk caranya kamu tinggal tap di “ Back Up To Google Drive “ . Dan kamu akan memilih backup interval sesuai keinginan kamu ada 3 pilihan yaitu Harian , Mingguan , dan bulanan . Setelah memilih maka akan muncul sebuah pop up untuk memilih dan login akun Gmail kamu .

#4. Lalu , kalau di bagian account kamu sudah tertera Username google , berarti kamu sudah berhasil menghubungkan akun google drive kamu ke whatsapp .

Cara BackUp Dan Restore Chat WA
Cara BackUp Dan Restore Chat WA

#5. Terakhir , kalau kamu ingin membackup data chat kamu , tekan saja tombol “ Back Up “ atau ” Cadangkan ”  seperti contoh di atas  .

Note: Pastikan bahwa koneksi internet kamu lancar , karena jika koneksi internet kamu lemot maka backup data akan memakan waktu lama.

Dan hapuslah sebagian percakapan atau media yang tidak penting bagi kamu agar backup data yang kamu lakukan tidak terlalu besar dan proses nya akan lebih cepat selesai.

Cara Restore Pesan Whatsapp

Nah , cara berikut ini adalah cara untuk memulihkan percakapan whatsapp kamu melalui Google Drive .Ketika kamu pernah membackup data chattingan  Whatsapp kamu ke google drive , maka semua chat yang berada di smartphone kamu dulu telah kembali ke Nomor whatsapp yang dulu kamu pakai di Smartphone kamu , dengan cara sebagai berikut.

Cara BackUp Dan Restore Chat WA
Cara BackUp Dan Restore Chat WA

#1. Pertama , Install ulang lah whatsapp kamu , atau kalau kamu tidak mau repot kamu tinggal membuka menu Settings – Aplikasi Manager – kemudian cari whatsapp dan tap “ Clear Data “ sehingga whatsapp kamu akan dalam keadaan saat pertama kali di install.

#2. Setelah itu ,bukalah aplikasi whatsapp yang telah di install ulang tadi , dan lakukanlah pendaftaran dengan menggunakan nomor HP yang sama dengan yang dulu.

#3. Terakhir , silahkan tunggu sms yang akan berisikan kode verifikasi dari whatsapp , dan setelah itu akan muncul Opsi untuk merestore percakapan kamu . Tap next dan tunggu hingga proses mengunduh chat whatsapp selesai.

Note: Untuk Aplikasi Whatsapp yang saya gunakan ialah versi 2.19.92 yang saya unduh melalui Google Playstore.

Namun untuk sekarang ini semua versi dari whatsapp telah mempunyai fitur backup dan restore dari google drive .

 

Jadi bila kamu ingin membackup atau merestore chat wa kamu , lihat saja isi artikel ini maka kamu sudah dapat melakukannya .

Nah itu saja artikel cara backup chat whatsapp saya kali ini semoga bermanfaat bagi kita semu dan jangan lupa tetap Stay disini akan ada artikel lainnya yang bermanfaat bagi Kita semua Sekian Dan Terimakasih.

Baca Juga :

Cara Mengatasi WhatsApp Yang Error

Cara Membuat Tulisan WhatsApp Keren

Cara Install Aplikasi WhatsApp Untuk PC di Windows 7

Related Post to Cara BackUp Dan Restore Chat WA Tanpa Jaringan Internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *