Cara Membuat Kopi Tubruk Paling Enak

Cara Membuat Kopi Tubruk Paling Enak – Di dunia ini ada banyak Cara untuk membuat kopi yang bermacam-macam, nah pada kali ini saya akan mencoba membuat Kopi Tubruk. Yaitu kopi paling gampang untuk membuatnya.

Yah siapa yang tidak kenal dengan Kopi yang satu ini, dari namanya saja kita sudah tahu Tubruk yang berarti Kopi yang ditubrukan dengan Air secara langsung.

Simple dan mudahTahapannya pun singkat sekali, Kopi yang terendam dengan metode Immersion yang langsung siap kita santap.

Hanya dengan meluangkan Waktu sekitar 4 Menit kalian sudah bisa membuatnyaIngatlah yang akan kalian buat hasilnya adalah Secangkir Kopi tubruk yang muaaantabb.

Sekilas kopi tubruk

 

Cara Membuat Kopi Tubruk Paling Enak
Cara Membuat Kopi Tubruk Paling Enak

 

Apakah kalian tahu Kopi tubgruk merupakan Kopi yang paling awam dalam cara membuatnya, di setiap warung kopi, di rumah, maupun di kantor pasti akan sering menghidangkan Kopi tubruk ini.

Dan di permukiman warga di desa para petaninya sering sekali membawa bekal kopi bubuk dan satu gelas air panas dan tidak lupa juga Gula untuk ngopi di sawah mereka jika mereka sedang beristirahat.

Di dalam acara-acara umum seperti reunian maupun pengajian, Kopi ini lah yang paling di cari-cari
Di Indonesia sendiri kopi tubruk sering disebut dengan nama Si hitam manis, ya karena setelah kita Tubruk dengan air kopi nya langsung kita campur dengan gula.

Namun anehnya di Warung kopi, kopi tubruk disajikan dengan tidak memakai gula, katanya tujuan dari tidak memakai gula ialah untuk merasaskan langsung karakter kopi yang akan kita minum. Demi kesehatan kita.

Cara membuat kopi tubruk : yang harus diperhatikan

Walaupun gampang untuk memmbuatnya tetapi kita harus memperhatikan hal-hal berikut ini jika ingin membuat kopi Tubruk terbaik.

#1.Air

Ini adalah komponen utama yang sangat penting karena dalam Kopi Tubruk 90% isi dari cangkir kita adalah air, makanya air ini adalah komponen yang sangat penting, dan pastikanair yang akan digunakan bersih dan temperaturnya tepat.

Biasanya saya menggunakan Air Mineral Merk Aqua untuk menyeduh Kopinya, ini adalah anjuran dari Sahabar saya yang sangat ahli dalam bikin kopi tubruk , katanya air mineral bisa lebih mengeluarkan aroma dari kopi tersebut.
Nah jika kalian tidak mempunyai air mineral pakai saja air sehari-hari yang kalian pakai untuk minum dan pastikan lah air itu segar dan tidak memiliki bau.

Biasanya air untuk kopi tubruk dipanaskan hingga 90 derajat celcius, jika kalian tidak memiliki thermometer untuk mengukur celciusnya maka kalian masak saja air selama 1-2 menit.

#2.Kopi yang akan diseduh

Pada bagian ini lah yang terpenting dan jangan sampai lupa, yaitu kita harus mempunyai KOPI!

Yang harus kita perhatikan dan harus kita teliti adalah kesegaran dari si kopi. Dalam factor ini saya merekomendasikan biji kopi yang baru saja selesai di giling.

Nah akan lebih enak lagi jika biji kopi yang akan kita giling harus segar, ia harus fresh dari tempatnya. Dan jangan menggunakan biji kopi sangria yang sudah mendekam lebih dari 3 bulan.

Nah maka dari itu, sebaiknya kita mempunyai Grinder atau penggiling kopi sendiri, dengan cara ini seduhan kopi yang akan kita buat nantinya akan lebih segar, aromanya enak dan akan mengeluarkan karakter terbaiknya.
Hal kedua, perhatikan ukuran gilingnya.

Pada kopi tubruk, biasanya biji kopi akan digiling halus (Fine) , semakin kasar ukuran giling kopi maka akan semakin susah air untuk melarutkan sari-sari dari kopi tersebut.

#3.Alat seduh

Nah pada langkah selanjutnya hal yang harus kalian perhatikan adalah alat-alat yang akan digunakan, harus bersih dan Histeril.

Untuk Kopi tubruknya, alat yang akan digunakan terbilang cukup sederhana. Yaitu ada panci untuk memasak air, teko untuk menuang air, sendok untuk mengaduk, serta cangkir atau gelas untuk wadah dari Kopi yang akan diseduh.

#4.Rasio kopi dan air

Perbandingan dari Kopi serta air ini sangat penting sekali. Jika kalian memasukkan air terlalu banyak, seuduhan akan encer dan jika dosis kopi kaliant terlalu banyak, ia bisa mengalahkan rasa dan karakter lainnya.

Saya selalu memegang Prinsip yaitu 1/15 satu bagian kopi untuk 15 bagian dari air.Misalnya kita mempunyai 30 gram kopi, maka air yang kita pakai sekitar 400ml. Prinsip ini lah yang dipercaya akan mengeluarkan rasa dan karakter kopi secara optimal.

#5.Waktu seduh

Waktu itu penting, agar kalian mendapatkan seduhan dengan aroma dan rasa yang terbaik, akan diperlukan waktu seduh yang tepat.

Nah pada metode tubruk ini, waktu yang kalian butuhkan adalah 4 menitUntuk tambahan, pada awal kalian menyeduh ada baiknya kalian membasahi kopi selama 30 detik, ini dilakukan untuk memanaskan bubuk kopi secara awal. Selain itu, kita juga lakukan untuk mengeluarkan gas yang terkandung di kopi tersebut.

 

CARA MEMBUAT KOPI TUBRUK :

Nah pada bagian inilah kalian akan saya jelaskan bagaimana cara menyeduh kopi  yang enak dalam waktu 4 menit saja, dan jangan lupa juga kalian harus memperhatikan hal-hal diatas untuk membuat Kopi tubruk terbaik yang pernah ada.Silahkan Simak bagaimana Cara membuat Kopi Tubruk berikut ini :

1. Masak air hingga suhu 89-90 derajat Celcius. Jika tak punya termometer, masak air sampai mendidih dan biarkan 1,5-2 menit.
2. Siapkan kopi yang akan kita seduh. Biasanya sekitar 13-14 gram untuk 200 ml air. Jika kalian tidak punya timbangan,silahkan kalian memakai dua sendok the untuk satu cangkir.
3. Tuangkan air ke kopi. Biarkan 30 detik.
4. Masukkan seluruh dosis air. Biarkan selama 4 menit.
5. Kopi tubruk siap dihidangkan

Nah itu saja artikel cara membuat kopi  saya kali ini semoga bermanfaat bagi kita semu dan jangan lupa tetap Stay disini akan ada artikel lainnya yang bermanfaat bagi Kita semua Sekian Dan Terimakasih.

Related Post to Cara Membuat Kopi Tubruk Paling Enak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *