3 Cara Merubah Ukuran Gambar/foto di Photoshop

Cara Merubah Ukuran Gambar/foto di Photoshop

Cara Merubah Ukuran Gambar/foto di Photoshop
Cara Merubah Ukuran Gambar/foto di Photoshop

Mungkin Kamu yang pernah memiliki sebuah gambar/foto dan ingin merubah ukurannya dengan Photosop, misalnya Foto untuk Pas poto , Foto Profil di Social Media seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain-lainnya.

Disini kamu akan menggunakan beberapa cara merubah ukuran foto di photoshop untuk  bisa mengubah ukuran gambar/foto di Potoshop, biasanya saya menggunakan Crop Tool, Setting Image Size atau melalui New Sheet.

Ketiga cara merubah ukuran foto di photoshop bisa kamu gunakan di versi Photosop CS berapapun,tetapi pada Tutorial di bawah ini saya menggunakan Adobe Photosop CS6, karena CS6 menurut saya adalah yang paling bagus di Versi Photosop manapun.

#1.Merubah Size Foto Dengan Crop Tool

Jika kamu pernah melihat di Situs lain mengenai Toolbox pada photosop, maka kamu pasti sudah tahu dong bahwa Crop Tool berfungsi untuk memotong sebuah gambar/foto. Sehingga, secara otomatis kita akan bisa mengubah ukuran dari gambar/foto tersebut. Ikuti lah langkah-langkahnya sebagai berikut ini:

#.Pertama-tama,bukalah Adobe Photosop kamu dan buka File gambar/foto melalui menu File -> Open. Atau dengan cara CTRL+O.

#.Kamu bisa juga mengeklik kanan pada gambar yang akan kamu ubah gambarnya melalui klik Open -> Adobe Photosop.

#.Lalu, klik icon Crop Toll (pada gambar No 1) di Toolbox jika belum ada tampilannya maka klik Menu Window lalu option.

Cara Merubah Ukuran Gambar/foto di Photoshop
Cara Merubah Ukuran Gambar/foto di Photoshop

#.Maka pada saat kamu klik , akan secara otomatis batas Crop (2) akan muncul pada tepi gambar/foto kamu.

#.Sekarang kamu akan menentukan ukuran gambar pada kolom Option bar (3).Contohnya ada dibawah, dan kamu akan merubah ukurannya menjadi 4×3 Cm. dan isikan lah ukuran dengan sesuai keinginan kamu.

#.Sesuaikanlah posisi dari gambar dengan mengklik pada area foto dan menggeser-gesernya.Kamu juga bisa memutar gambar, caranya letakkan kursor di luar area gambar namun masih ada di dalam window lalu klik dan geserlah sesuai keinginan kamu.

#.Jika sudah selesai dengan keinginan kamu, maka tekan enter atau klik tombol selesai pada sudut kanan atas.

#2.Merubah Size Foto Menggunakan Kanvas

 

Pada cara kedua ini yang bisa kamu lakukan untuk mengubah ukuran gambar/foto ialah dengan menentukan ukuran kanvas yang tidak lain adalah ukuran gambar yang akan kamu simpan nantinya. Simaklah Langkah – langkahnya sebagai berikut ini:

#.Seperti biasa, bukalah Adobe Photosop kamu CS berapapun.

#.Kemudian buatlah sebuah dokumen baru dengan menekan CTRL + N

#.Dan tentukan lah ukuran lebar dan tinggi gambar/foto yang akan kamu buat

#.Setelah Kanvas baru sudah dibuat, sekarang kamu carilah gambar dengan menekan CTRL+O

#.Setelah gambar terbuka, pindahkan lah gambar yang akan kamu rubah ukurannya ke dalam kanvas yang baru kamu buat tadi. Caranya ialah dengan mengklik select Tool lalu seret lah gambarnya ke kanvas yang baru. Atau cara lebih mudahnya dengan menyeleksi gambar dengan menekan CTRL+A lalu paste CTRL+V ke kanvas yng kamu buat baru tadi.

#.Dan setelah tercopy, tampilkan lah Transform Tool (4) dengan cara pilihlah layer gambar yang baru kamu copy tadi dengan Select Tool. Namun jika belum ada muncul cobalah ceklist pada bagian Options Bar (5).

Cara Merubah Ukuran Gambar/foto di Photoshop
Cara Merubah Ukuran Gambar/foto di Photoshop

#.Setelah itu kamu harus menyesuaikan gambar pada area kanvas, jika sudah meyelesaikannya tekan enter lalu klik selesai di sudut kanan atas.

#.Jika sudah save gambar.

Namun cara ini memiliki sebuah kelemahan yaitu pada saat kamu memperkecil gambar maka ukurannya biasanya dimensi gambar tidak sesuai lagi dengan yang sebenarnya, selain itu jika resolusi gambar yang akan kamu rubah terlalu besar dan yang hendak dibuat kecil maka kita akan banyak menggeser gambar.

 

#3.Merubah Size Foto Dengan Size Image

Cara yang satu ini adalah cara yang benar-benar untuk mengubah ukuran gambar, kita tidak bisa menyesuaikan letak dan batasnya.

Cara ini tidak direkomendasikan jika gambar/foto kamu yang akan dirubah ukurannya belum rapi dan tidak sesuai dengan keinginan. Cara merubah Size Foto Dengan Size Image sebagai berikut ini.

#.Seperti biasa, bukalah Adobe Photosop kamu CS berapapun.

#.Lalu Klik Image dan klik lah Image Size atau lebih gampangnya dengan menekan Ctrl + Alt + I

Cara Merubah Ukuran Gambar/foto di Photoshop
Cara Merubah Ukuran Gambar/foto di Photoshop

.
#.Nah pada Pixel dimension kamu dapat mengatur dan mengubah dimensi dari gambar/foto kamu berdasarkan pixel atau persenan.

#.Namun pada document Size kamu dapat mengatur ukuran gambar/foto. Dan jangan lupa pula untuk mengisi kolom resolution untuk mengatur kualitas gambar pada saat dicetak.

#.Jika sudah selesai klik Ok

#.Save gambar.

Nah sekian Artikel cara mengubah ukuran foto di photoshop Dari saya semoga bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa tetap stay disini kalian akan menemukan artikel Menarik Lainnya. Sekian Dan Terimakasih.

 

Baca Juga :

Cara Mudah Mengganti Background Pas Foto

Cara Menambah Font Baru ke Photoshop

Related Post to 3 Cara Merubah Ukuran Gambar/foto di Photoshop

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *