2 Cara Mencari NISN Siswa Secara Online

Cara Mencari NISN Siswa Secara Online – Ketika kamu mendaftar ke sekolah pasti kamu akan mendapatkan atau memiliki sebuah Nomor Induk Siswa atau biasa yang kita kenal dengan NISN , Siswa SD , SMP , SMA bahkan SMK yang ingin mencari NISN bisa mencari nya dengan secara online tanpa perlu menanyakan lagi kepada pihak sekolah dengan cara membuka website resmi kemdikbud .

Nah sebelum kita ke langkah – langkahnya , apa kah kamu mengetahui yang dimaksud dengan NISN ?

Nisn ialah nomor pengenal identitas siswa yang telah mendaftar ke sekolah di indonesia yang merupakan nomor terpenting bagi siswa tersebut. Kenapa dibilang penting ? karena nomor ini hanya kamu dapatkan ketika mendaftar ke sekolah dan hanya mendapatkan satu nomor saja.

Dan setiap siswa akan berbeda – beda nomornya di setiap daerah indonesia. Namun jika kamu pernah melihat ada NISN yang serupa mungkin itu adalah kesalahan dari pengelola NISN nya .

Dari pengertian di atas muncullah sebuah pertanyaan yaitu Bagaimana jika saya mempunyai dua nomor NISN? Nah saya akan memberitahukannya. Jika siswa tersebut mempunyai dua nomor NISN maka kamu hanya harus menggunakan nomor yang sering kamu gunakan untuk melakukan validasi data.

Biasanya validasi data ini akan dibuat oleh sekolah yang kamu tempati masing – masing. Dan jika hal ini terjadi kepada kamu maka kamu harus segera melapor ke pihak sekolah agar NISN kamu segera dihapus satu dan hanya menyisakan yang sering kamu gunakan untuk validasi data.

nisn data kemdikbud akan tetap berlaku sampai seumur hidup kamu dan akan digunakan terus menerus untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang tinggi, jadi bagi kamu yang telah tamat dari sekolah menengah atas (SMA , SMK) yang ingin mengetahui NISN kamu maka kamu hanya perlu jaringan internet dan bukalah situs resmi dari kemdikbud. Nomor NISN kamu akan bisa ditemukan di situs tersebut walaupun kamu sudah tamat sekolah.

Nah untuk mengelola NISN akan dilakukan secara nasional yang akan dikelola oleh Pusat Data dan Stastistik Pendidikan Dan Kebudayaan bila disingkat akan menjadi PDSPK , setelah di olah maka akan ditampilkan melalui situs resmi NISN.

Ketika saya mencari NISN , saya memakai dua cara yang biasa nya saya lakukan ketika mencari NISN di dalam website resmi dari kemdikbud yaitu mencari berdasarkan nama dan mencari berdasarlan NISN. Misalnya kamu tidak mengetahui NISN nya maka kamu hanya perlu memakai cara yang pertama. Mari langsung saja kita simak cara mencari nisn berikut ini :

 

#1.Mencari NISN Dengan Nama Siswa

Di cara berikut ini kamu hanya memperlukan Nama siswa yang ingin dicari NISN nya beserta tanggal Lahir dan tempat lahir nya.

Dan jika kamu sudah mempunyai data siswa yang ingin dicari NISN nya sudah lengkap maka kamu tinggal mengikuti langkah dibawah ini :

1. Pertama – tama , kamu hanya perlu membuka website resmi kemdikbud yaitu http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data dan akan tampil halaman yang akan ada seperti gambar di bawah ini .

Cara Mencari NISN Siswa Secara Online
Cara Mencari NISN Siswa Secara Online

2. Kedua. Kamu tinggal memilih menu pencarian berdasarkan nama siswa dan isilah data – data tersebut dengan data siswa yang ingin dicari NISN nya dan ingat nama siswa jangan salah karena akan berakibat fatal.

3. Nah jika kamu sudah mengisi data nya dengan benar maka kamu tinggal pilih cari , dan akan muncul Nomor Induk Siswa Nasional kamu , jenis kelamin , dan tempat lahir , serta tidak lupa juga tanggal lahir kamu. Silahkan di catat agar kamu tidak melupakan NISN kamu lagi.

Cara Mencari NISN Siswa Secara Online
Cara Mencari NISN Siswa Secara Online

Note:Jika NISN kamu tidak muncul – muncul maka kamu harus segera menghubungi operator sekolah kamu masing – masing.

 

#2.Mencari Data Siswa Dengan NiSN

Untuk cara yang kedua ini kita tidak mencari NISN siswa melainkan kita hanya mencari data nya saja yang berhubungan dengan NISN yang dimiliki siswa tersebut antara lain Nama , Tanggal Lahir , Jenis Kelamin , dan Tanggal Lahir.

1.Pertama – tama , seperti biasa bukalah website resmi dari kemdikbud untuk mencari data siswa melalui NISN siswa di URL berikut ini http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data maka akan ada muncul halaman seperti yang dibawah ini dan masukkan lah NISN siswa kemudian cari lah .

Cara Mencari NISN Siswa Secara Online
Cara Mencari NISN Siswa Secara Online

2. Kedua , akan ada tampil data dari siswa yang sudah dimasukkan tadi NISN nya dan akan ada terdapat data yaitu Nama , Jenis Kelamin , tempat lahir , dan tanggal lahir.

 

Nah itu saja artikel cara cari nisn saya kali ini semoga bermanfaat bagi kita semu dan jangan lupa tetap Stay disini akan ada artikel lainnya yang bermanfaat bagi Kita semua Sekian Dan Terimakasih.

Baca juga :

Cara Menulis Abstrak Untuk Skripsi dan Karya Ilmiah

Cara membuat Tujuan dan Manfaat Penelitian yang baik dan Benar

Related Post to 2 Cara Mencari NISN Siswa Secara Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *